Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Tips Mengatasi Mata Sayu Untuk Mempercantik Penampilan

Ditinjau oleh

NEC

Terakhir diperbaharui pada

17 Februari 2024

Bagikan

Mata Sayu
Mata Sayu

Mata sayu adalah salah satu masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Istilah “mata sayu” mengacu pada mata yang terlihat lelah, lesu, dan kurang bersemangat. Mata yang terlihat sayu dapat memberikan kesan bahwa seseorang tidak tidur cukup, stres, atau mungkin bahkan kurang sehat.

Mata panda juga kerap beriringan terjadi dengan mata sayu. Namun, tidak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan berbagai cara, terutama dengan bantuan dari eyesthetic center. Artikel ini akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan mata sayu, penyebabnya, dan cara mengatasinya dengan mudah.

Penjelasan Mata Sayu?

Mata sayu adalah kondisi di mana mata tampak kurang segar, bercahaya, atau bersemangat. Mata yang sayu dapat terlihat seperti memiliki lingkaran hitam di bawah mata, kantung mata yang bengkak, atau mata yang terlihat kecil dan lesu. Kondisi ini dapat membuat seseorang terlihat kurang sehat, stres, atau kurang tidur, bahkan jika sebenarnya mereka dalam keadaan yang baik-baik saja.

Mata sayu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan seringkali merupakan hasil dari kombinasi beberapa masalah. Faktor-faktor ini termasuk gaya hidup, faktor genetik, faktor lingkungan, dan faktor penuaan. Terkadang, mata sayu juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, seperti alergi atau gangguan tidur.

Baca Juga : Mata Sering Kelilipan Tandanya Apa

Penyebab Mata Sayu

1. Kurang Tidur 

Kurang tidur seringkali menjadi faktor penyebab utama dari mata sayu. Ketika seseorang tidak mendapatkan jumlah tidur yang cukup untuk membiarkan tubuhnya pulih sepenuhnya, efeknya sangat terlihat pada kulit di sekitar mata. Kondisi ini dapat mengakibatkan kulit di area periorbital menjadi pucat dan berubah menjadi lebih transparan, sehingga lingkaran hitam di bawah mata menjadi lebih jelas dan mencolok.

Terlebih lagi, kurang tidur dapat mengganggu sirkulasi darah, yang menyebabkan darah lebih mudah terperangkap di bawah mata, memberikan kesan bengkak dan warna kemerahan yang tidak diinginkan. Dengan kata lain, mata yang tampak sayu adalah hasil dari kurang tidur yang berkelanjutan dan efek negatifnya terhadap kesehatan kulit di sekitar mata.

2. Stres

Stres seringkali menjadi pemicu mata sayu, karena dampaknya bisa merusak sirkulasi darah di sekitar area mata. Kondisi ini dapat menghasilkan pembengkakan dan perubahan warna yang terlihat di sekitar mata. Dalam situasi stres yang berkepanjangan, aliran darah yang terhambat dapat menyebabkan penumpukan cairan dan peradangan di daerah mata.

Akibatnya, mata terlihat bengkak dan dapat muncul perubahan warna yang mencolok, memberikan kesan lesu dan lelah pada penampilan. Jadi, stres tidak hanya mempengaruhi kesejahteraan emosional, tetapi juga dapat tampak pada penampilan fisik melalui mata yang tampak sayu.

3. Usia

Proses penuaan alami bisa berkontribusi pada mata sayu karena kulit di daerah periorbital mengalami penipisan seiring bertambahnya usia. Ini menyebabkan pembuluh darah di bawahnya menjadi lebih tampak, menciptakan tampilan mata yang tampak kurang segar dan bersemangat. Akibatnya, mata bisa terlihat lebih lesu dan terkesan lelah.

4. Genetik

 Peran faktor genetik dalam penampilan mata seseorang juga cukup signifikan. Apabila ada riwayat keluarga yang menghadapi masalah mata sayu, maka ada peluang besar bahwa Anda juga akan mengalami hal serupa. Dengan demikian, genetika dapat memiliki dampak yang kuat terhadap penampilan mata seseorang.

5. Asupan Gizi Buruk

Pola pangan makanan yang tidak seimbang dan defisiensi gizi dapat memberikan dampak negatif pada penampilan kulit dan mata. Kekurangan zat-zat penting, seperti vitamin K dan vitamin C, mungkin memperburuk tampilan kulit di sekitar mata. Oleh karena itu, asupan gizi yang memadai adalah kunci untuk menjaga penampilan kulit dan mata yang optimal.

6. Rokok dan Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan mampu memberikan dampak negatif terhadap sirkulasi darah dan mengakibatkan kerusakan pada kulit. Efek ini dapat menyebabkan mata terlihat sayu. Oleh sebab itu, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan perlu dihindari untuk menjaga penampilan mata yang segar.

7. Alergi

Alergi bisa mengakibatkan pembengkakan dan kemerahan pada mata, yang pada gilirannya menciptakan tampilan mata yang tampak lelah. Oleh sebab itu, reaksi alergi dapat berperan dalam munculnya mata sayu.

8. Paparan Matahari

Terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa melindungi kulit dengan baik dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit di sekitar mata, mengakibatkan tampilan mata yang kurang segar. Akibat dari paparan berlebihan sinar matahari, mata dapat terlihat sayu. Oleh karena itu, penting untuk melindungi kulit di area mata dari efek buruk sinar matahari.

Baca Juga : Perbedaan Bentuk Bola Mata Minus dan Mata Normal

Cara Mengatasi Mata Sayu dengan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi masalah mata sayu. Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba:

1. Tidur Cukup

Tidur yang cukup dianggap sebagai salah satu metode terbaik untuk mengatasi mata yang tampak kurang segar. Disarankan untuk mencoba mendapatkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malam guna memungkinkan kulit untuk pulih secara optimal.

Melalui tidur yang cukup, mata dapat mendapatkan kesempatan untuk meregenerasi diri, yang pada akhirnya membantu meningkatkan tampilan keseluruhan, sehingga mata terlihat lebih segar dan bersemangat. Dengan memprioritaskan tidur yang cukup, Anda dapat memperbaiki penampilan mata dan kulit di sekitarnya, serta mendukung kesehatan secara keseluruhan.

2. Kompres Dingin

Untuk meredakan pembengkakan di sekitar mata, ada metode efektif yaitu dengan menggunakan kompres dingin. Anda bisa mencoba meletakkan kantung teh hijau yang telah didinginkan atau sepotong kain yang dibasahi dengan air dingin di atas mata Anda. Disarankan untuk melakukan hal ini selama beberapa menit setiap hari guna mendapatkan hasil yang optimal.

Penggunaan kompres dingin ini dapat membantu meredakan pembengkakan dan memberikan sensasi segar yang nyaman pada area mata, menjadikan tampilan mata yang lebih segar dan berseri. Dengan konsistensi dalam melakukan metode ini, Anda dapat mengurangi efek dari mata yang tampak bengkak.

3. Penggunaan Krim Mata

Krim mata yang mengandung bahan-bahan seperti retinol, vitamin C, atau asam hialuronat dapat membantu mengurangi tanda-tanda mata sayu. Gunakan krim mata secara teratur sesuai petunjuk.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral. Makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan berlemak, dan biji-bijian dapat membantu memperbaiki penampilan kulit.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Apabila Anda adalah seorang perokok atau sering mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan, sebaiknya dipertimbangkan untuk menghentikan atau mengurangi kebiasaan tersebut. Langkah ini akan berkontribusi pada peningkatan kesehatan kulit dan penampilan mata Anda. Dengan mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, Anda akan mendukung kesehatan kulit, sehingga membuat mata tampak lebih segar dan bersemangat.

6. Penggunaan Kacamata dan Lensa Kontak

Jika Anda membutuhkan kacamata atau lensa kontak, pastikan Anda menggunakannya dengan benar. Kacamata yang tepat akan membantu mencegah ketegangan mata yang dapat membuat mata terlihat sayu. Tidak hanya untuk itu, penggunaan kacamata penting apabila anda mengalami kelainan refraksi lainnya seperti mata minus (miopi).

7. Hindari Paparan Matahari Berlebihan

Penggunaan kacamata hitam dan krim pelindung matahari adalah langkah yang bijaksana untuk menjaga mata Anda dari sinar matahari yang berlebihan. Paparan sinar ultraviolet (UV) dapat berdampak negatif pada kulit di area sekitar mata. Oleh sebab itu, melindungi mata Anda dari sinar matahari berlebihan dengan kacamata hitam dan krim pelindung matahari adalah tindakan yang penting untuk mencegah kerusakan pada kulit di sekitar mata.

8. Perawatan di Eyesthetic Center

Jika Anda mengalami masalah mata sayu yang serius, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan perawatan di eyesthetic center. Eyesthetic center adalah tempat di mana Anda dapat mendapatkan berbagai perawatan kecantikan dan perawatan kulit yang akan membantu Anda mendapatkan penampilan yang lebih segar dan memikat.

Namun hal ini berbeda apabila penyebab mata sayu dikarenakan alergi dan terjadi berkepanjangan. Anda perlu untuk berkonsultasi terlebih dahulu melalui konsultasi dokter mata terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan di eyesthetic center.

Mata sayu adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Penyebabnya bervariasi, mulai dari kurang tidur, stres, hingga faktor genetik. Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi masalah mata sayu, mulai dari tidur yang cukup hingga perawatan di eyesthetic center. Dengan bantuan profesional di eyesthetic center, Anda dapat mendapatkan penampilan yang Anda impikan dan merasa lebih percaya diri.

Banyak dari kita yang mempertanyakan, bisakah ketika mengalami mata sayu melakukan lasik mata? Sebelum menjalani prosedur Lasik mata, penting untuk memiliki mata yang sehat dan kondisi mata yang stabil. Jika Anda memiliki mata sayu yang disebabkan oleh peradangan atau iritasi mata, ini mungkin bukan waktu yang tepat untuk menjalani Lasik mata.

Sebelum prosedur Lasik mata, Anda akan menjalani pemeriksaan mata menyeluruh untuk memastikan bahwa mata Anda dalam kondisi yang baik dan cocok untuk operasi. Jika ada tanda-tanda peradangan atau infeksi pada mata, dokter mata biasanya akan menunda prosedur Lasik mata hingga kondisi mata membaik.

Jadi, mata sayu sendiri bukan kontraindikasi mutlak untuk menjalani Lasik mata, tetapi kondisi mata Anda perlu dalam keadaan baik dan stabil sebelum prosedur ini dilakukan.

Jadi, jika Anda mengalami masalah mata sayu, jangan ragu untuk mencari bantuan di eyesthetic center. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah mata sayu dan meraih penampilan yang fresh dan memikat.

Dengan berkonsultasi pada dokter profesional, Anda akan mendapatkan penanganan yang terbaik untuk kesehatan mata Anda yang optimal.

Di sana Anda juga bisa mendapatkan perawatan yang lebih seperti terapi mata minus anak (Ortho K), operasi lasik mata, pengobatan katarak melalui katarak lensa premium, hingga eyesthetic (kecantikan mata).

Tunggu apa lagi? Yuk Lasik di tempat lasik yang kredibel hanya di National Eye Center!

Baca Juga : Prosedur Operasi Kantung Mata dan Pemulihannya

Bebas kacamata selamanya dalam hitungan detik

Tonton Video Lainnya

https://youtu.be/RHkyvQoiAh4?feature=shared