Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Penyebab Kebutaan Yang Bisa Menyerang Siapa Saja, Waspadai Hal ini!

Ditinjau oleh

NEC

Terakhir diperbaharui pada

5 Februari 2024

Bagikan

penyebab kebutaan
penyebab kebutaan

Penyebab Kebutaan sendiri menjadi permasalahan mata yang paling parah dibanding penyakit mata lainnya, baik Miopi maupun katarak. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari kebutaan, mulai dari genetik hingga kecelakaan. 

Lalu apa saja sih faktor yang menyebabkan kebutaan? Nah disini minel akan membahas terkait apa saja faktor-faktor penyebab kebutaan. Yuk simak selengkapnya!

Penyebab Kebutaan

Kebutaan adalah kondisi di mana seseorang kehilangan atau tidak memiliki kemampuan untuk melihat secara normal. Kebutaan tentunya menjadi permasalahan terparah dalam permasalahan mata. Tidak seperti mata panda yang hanya mengganggu penampilan, kebutaan bisa membuat para penderitanya depresi karena kebutaan dapat sangat mengganggu aktivitas penderitanya. 

Tidak jarang dalam beberapa kasus banyak yang hingga kehilangan semangat hidup karena kebutaan. Belum lagi kebutaan ada yang dapat disembuhkan ada pula yang tidak. Menurut Dr. Tiara Avinta, Sp.M, kebutaan sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari genetik atau bawaan, infeksi, trauma, penyakit saraf mata dan karena degeneratif atau penuaan. 

Ada banyak penyebab kebutaan, seperti permasalahan pada mata atau masalah pada bagian otak yang terlibat dalam pengolahan informasi visual. Beberapa penyebab umum kebutaan meliputi:

Katarak

Katarak adalah kondisi di mana lensa mata menjadi keruh, menghalangi cahaya untuk masuk ke mata dan menghasilkan gambar yang jelas. Penderita katarak dapat mengalami kehilangan penglihatan. Maka dari itu segeralah untuk melakukan operasi katarak lensa premium guna menghindari kebutaan

Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata. Tekanan yang tinggi dapat merusak saraf optik dan menyebabkan kehilangan penglihatan.

Retinopati Diabetik

Penderita diabetes dapat mengalami kerusakan pada pembuluh darah di retina mata, yang disebut retinopati diabetik. Ini dapat menyebabkan kebutaan jika tidak diobati.

Degenerasi Makula

Degenerasi makula terjadi ketika makula, bagian mata yang bertanggung jawab atas penglihatan pusat, mengalami kerusakan. Ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pusat.

Penyakit Mata Infeksi atau Peradangan

Infeksi mata, seperti infeksi bakteri atau virus, dapat menyebabkan kerusakan mata dan kebutaan jika tidak diobati.

Retinitis Pigmentosa

Ini adalah kelompok penyakit mata genetik yang merusak sel-sel di retina. Penderita retinitis pigmentosa mengalami hilangnya penglihatan perifer dan penglihatan malam.

Penyakit Saraf Optik

Gangguan pada saraf optik, yang menghubungkan mata ke otak, dapat menyebabkan kebutaan. Ini dapat disebabkan oleh trauma, penyakit autoimun, atau tekanan intrakranial tinggi.

Cedera Mata

Cedera fisik pada mata dapat menyebabkan kebutaan. Ini dapat melibatkan luka bakar, luka tusukan, atau luka lainnya yang merusak struktur mata.

Penyakit Autoimun

Beberapa penyakit autoimun, seperti lupus atau sklerosis ganda, dapat mempengaruhi mata dan menyebabkan kebutaan.

Penyakit Sistemik

Penyakit seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit vaskular dapat merusak pembuluh darah di mata dan penyebab kebutaan.

Baca Juga: Tutorial Olahraga Mata Serta Manfaatnya

Penting untuk mendeteksi dan mengobati dini masalah mata untuk mencegah atau memperlambat perkembangan penyebab kebutaan. Pemeriksaan mata rutin dan perawatan medis melalui dokter mata atau klinik mata yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan mata serta mencegah hilangnya penglihatan.

Kapan Harus Periksa Ke Dokter?

penyebab kebutaan

Tentunya untuk mencegah terjadinya penyebab kebutaan disarankan untuk selalu periksakan mata Anda secara rutin. Sebab, bisa saja permasalahan mata yang kita anggap remeh, ternyata menjadi salah satu faktor terjadinya penyebab kebutaan pada mata. Contohnya seperti permasalahan Miopi atau rabun dekat, kondisi di mana seseorang dapat melihat objek dekat dengan jelas, tetapi memiliki kesulitan melihat objek yang lebih jauh. Walaupun secara umum, miopi tidak secara langsung menyebabkan kebutaan. Namun, miopi yang parah dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan.

Baca Juga: Operasi Mata Minus, Kebebasan Dalam Penglihatan

Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan mata seperti apabila terkena Miopi. Caranya dengan melakukan lasik guna untuk mengantisipasi peningkatan risiko terjadinya komplikasi yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan penglihatan. Apabila Anda memiliki permasalahan terkait dengan kesehatan mata, Anda bisa datang ke National Eye Center

Di sana Anda akan mendapatkan banyak sekali Informasi terkait kesehatan mata mulai dari Terapi mata minus pada anak dll. Yuk buruan datang sekarang juga dan periksakan mata Anda di National Eye Center!

Saksikan Video Kesehatan Mata Lainnya