Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Berapa Banyak Konsumsi Vitamin A Yang Ideal?

Ditinjau oleh

NEC

Terakhir diperbaharui pada

22 Januari 2024

Bagikan

Konsumsi Vitamin A
Konsumsi Vitamin A

Konsumsi Vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata selain dapat menghindari lasik karena terkena miopi, ternyata apabila kita kekurangan Vitamin A maka akan terjadi gangguan pada mata mulai ditandai dengan Xerophthalmia yang terjadi ketika retinol plasma menurun dan mata kekurangan vitamin A. Xerophthalmia dapat menyebabkan mata kering, kekurangan air mata, hingga rabun senja (kesulitan melihat cahaya di tempat redup).

Vitamin A juga dapat berperan dalam mengurangi risiko atau memperbaiki mata minus karena penting bagi kita untuk selalu menjaga kondisi kesehatan mata. Namun apabila sudah terkena mata minus maka pengobatan yang paling efektif dilakukan adalah dengan operasi lasik. Oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati, disini minel akan membahas lebih lanjut terkait manfaat konsumsi Vitamin A. Nah disini Minel akan membahas detail terkait Vitamin A yuk simak selengkapnya!

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Mata

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan manusia. Vitamin ini memiliki beberapa bentuk, termasuk retinol (bentuk aktif dari vitamin A), retinal, retinoic acid, dan provitamin A carotenoids seperti beta-karoten. Dimana Vitamin A memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata yaitu:

  1. Mencegah mata kering dimana Vitamin A membantu menjaga kelembaban pada mata dengan merangsang produksi air mata.
  2. Menjaga  Kornea dimana Vitamin A berperan dalam menjaga kornea, lapisan jernih di depan mata, agar tetap sehat dan tidak terkena katarak
  3. Mencegah Xerophthalmia kondisi serius yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A yang parah dan dapat menyebabkan mata kering, peradangan, dan bahkan kebutaan. Vitamin A yang cukup dapat mencegah kondisi ini.
  4. Vitamin A dapat Meningkatkan Ketajaman Penglihatan terutama dalam melihat objek dalam kondisi cahaya yang kurang.
  5. Vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel mata, termasuk fotoreseptor di retina yang mendeteksi cahaya.

Itulah pembahasan terkait Vitamin A namun ada baiknya untuk tetap melakukan pemeriksaan mata secara rutin di dokter mata. Sumber makanan yang kaya akan vitamin A meliputi wortel, bayam, brokoli, ubi jalar, dan makanan hewani seperti hati, kuning telur, dan produk susu. Namun jangan lupa bahwa terlalu banyak vitamin A juga dapat berbahaya, jadi penting untuk menjaga keseimbangan.

Baca Juga: 11 Tanaman Herbal Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Dosis Konsumsi Vitamin A per Hari

konsumsi vitamin A

Konsumsi vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk Kesehatan mata. Namun, seperti halnya semua nutrisi, penting untuk mengkonsumsi vitamin A dalam jumlah yang tepat dan seimbang. Berikut adalah beberapa panduan tentang takaran dalam mengkonsumsi vitamin A seperti yang telah dijelaskan oleh Dr.Tania Rahmania Maulani Sp.M menurut beliau dalam mengkonsumsi Vitamin A memang ada dosis dan takarannya sesuai dengan metabolisme atau kebutuhan masing masing orang yang dapat berbeda beda tergantung dengan kebutuhannya. Tetapi yang menjadi patokan dari WHO (World Health Organization) adalah

  1.  Perempuan dapat membutuhkan Konsumsi Vitamin A sebesar sekitar 700 Mikrogram per hari dalam setiap harinya
  2.  Laki-laki memiliki takaran yang lebih tinggi dikarenakan dinilai dari aktivitasnya yaitu membutuhkan konsumsi Vitamin A sebesar 900 Mikrogramper hari dalam setiap harinya
  3. Anak anak memiliki takaran dosis dalam konsumsi Vitamin A sebesar 300 Mikrogram per hari dalam setiap harinya
  4. Wanita hamil Memiliki takaran yang berbeda dikarenakan dilihat membutuhkan Vitamin A untuk ibu dan calon anaknya sehingga dosisnya disamakan dengan laki-laki yaitu 900 Mikrogram per hari dalam setiap harinya

Itulah jenis takaran yang dibutuhkan apabila Anda merasa hari ini belum mengkonsumsi Vitamin A tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena apabila sebelumnya mengkonsumsi vitamin A maka akan dimetabolisme pada tubuh dan di deposit pada Liver sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh ketika dirasa tubuh membutuhkan. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang asupan vitamin A Anda atau berpikir Anda mungkin memerlukan suplemen, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang dapat memberikan nasihat yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. 

Baca juga: Tutorial Olahraga Mata Serta Manfaatnya

 Itulah penjelasan mengenai Konsumsi Vitamin A yang perlu anda ketahui. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai kondisi mata anda segera hubungi dokter mata untuk mendapatkan nasihat yang lebih lanjut. Bila masih ada yang ingin Anda tanyakan mengenai prosedur medis mengenai kesehatan mata, Anda bisa langsung datang ke National Eye Center tempat lasik kredibel di surabaya disana Anda akan mendapatkan info yang lebih detail dan banyak informasi informasi penting seputar mata, mulai dari mata panda, Katarak dan penyembuhannya yaitu katarak lensa premium, hingga terapi mata minus anak yuk buruan datang sekarang juga!

Sumber:
Dr.Tania Rahmania Maulani Sp.M

Silakan Saksikan Video Lain Tentang Kesehatan Mata: