Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

4 Syarat Lasik Mata Yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh

NLC Support

Terakhir diperbaharui pada

6 Desember 2023

Bagikan

Syarat Lasik Mata

Tidak semua orang dapat menjalani Lasik untuk menyembuhkan mata rabun. Ada beberapa syarat lasik mata yang berlaku. Calon pasien harus memenuhi syarat Lasik Mata ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mengapa?

Berikut ini ulasannya terkait syarat-syarat lasik mata yang harus Anda perhatikan.

Jenis Penyakit Mata yang Bisa disembuhkan dengan Lasik 

Lasik merupakan metode operasi laser bagi para penderita Kelainan Refraksi. Metode operasi ini memungkinkan anda untuk sembuh total dari Kelainan Refraksi dan terbebas dari kacamata. Berikut beberapa penyakit mata yang dapat disembuhkan dengan Lasik:

1. Miopi (Rabun Jauh)

Mata minus merupakan gangguan penglihatan untuk jarak jauh. Penderita miopi / mata minus harus menggunakan kacamata yang sesuai untuk membantu penglihatan. Selain dengan kacamata gangguan penglihatan ini dapat diatasi dengan metode Lasik mata.

2. Hipermetropi (Rabun Dekat)

Gangguan penglihatan lainnya yang dapat menggunakan metode Lasik untuk penyembuhan adalah rabun dekat. Penyakit ini akan mengganggu penglihatan untuk objek yang dekat tetapi jika jauh tidak menjadi masalah. Biasanya orang yang awam menyebutnya dengan gangguan mata plus. Kacamata juga dapat digunakan untuk mengoreksi gangguan penglihatan pada penyakit ini. Namun jika anda ingin terbebas dari kacamata maka bisa menggunakan metode lasik untuk menyembuhkan penyakit ini. 

3. Astigmatisme (Silinder) 

Mata silinder (astigmatisme) menyebabkan penderitanya memiliki pandangan kabur karena kelengkungan Kornea yang tidak simetris. Gangguan penglihatan ini juga dapat disembuhkan dengan metode Lasik, tetapi dengan catatan tidak lebih dari 5 dioptri. Dengan kata lain, perlu adanya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata. Metode operasi ini akan membuat mata kembali normal dan tidak memerlukan lagi pemakaian kacamata.

Baca Juga:

Cara Menghilangkan Mata  Minus, Nomor 5 Paling Canggih

Mata Panda

Syarat Lasik Mata

Sama seperti operasi katarak, operasi Lasik memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon pasien. Syarat lasik mata ini perlu diketahui terlebih dahulu jika anda akan melakukan Lasik. Berikut beberapa syaratnya: 

1. Kondisi Mata Harus Sehat dan Stabil

Syarat pertama yang harus terpenuhi yaitu kondisi mata sebelum melakukan Lasik harus dalam kondisi sehat dan stabil. Dokter baru bisa menjalankan tindakan tersebut jika tidak ada keluhan pada mata calon pasien. Salah satu kondisi mata yang perlu diperhatikan sebelum Lasik adalah mata tidak kering.

Selain itu besarnya ukuran gangguan penglihatan (status refraktif) stabil selama 6 bulan hingga satu tahun. Terakhir calon pasien Lasik juga diharuskan tidak memiliki kelainan mata lain sehingga dapat menjalani Lasik. Jika anda memiliki keluhan Katarak sekaligus Kelainan Refraksi anda dapat menyembuhkannya melalui 1 tindakan saja dengan menggunakan layanan operasi Katarak lensa premium

2. Syarat Batasan Umur Terpenuhi

Jika anda ingin melakukan Lasik anda perlu memenuhi batasan umur yang berlaku. Untuk melakukan operasi Lasik mata minimal telah mencapai umur 18 tahun. Batasan ini diperlukan karena pada usia ini umumnya status refraktif telah stabil, sehingga kemungkinan terjadinya pertambahan atau penurunan ukuran setelah Lasik akan sangat kecil. Jika anak anda mengalami mata minus dan ingin sembuh total sebelum mencapai umur 18 tahun maka dapat menggunakan layanan terapi mata minus anak.

3. Kondisi Ketebalan pada Kornea Mata Mencukupi

Operasi Lasik ini akan berhubungan langsung dengan Kornea mata sehingga ada batasan minimum yang berlaku. Syarat untuk melakukan tindakan operasi Lasik adalah ketebalan Kornea mata di atas 500 mikron. Jika ukurannya dibawah 500 mikron maka bisa dipastikan korneanya tipis dan tidak bisa dilakukan Lasik. Sehingga sebelum melakukan Lasik calon pasien perlu menjalani Pre-Lasik guna mengetahui kondisi mata secara menyeluruh.

4. Memenuhi Tingkat Kelainan Refraksi

Tingkat Kelainan Refraksi yang dapat disembuhkan dengan Lasik adalah miopi -1.00 hingga -12.00 D, astigmatisme dan hipermetropi kurang dari 6.00 D. jika tidak sesuai dengan batasan ini maka calon pasien tidak dapat menjalani Lasik.

Dengan mengetahui syarat lasik mata ini diharapkan anda bisa mempersiapkan diri sehingga nantinya jika tidak memenuhi syarat ini maka dapat mencari alternatif pengobatan yang lain. Untuk mengetahui kondisi maupun alternatif pengobatan anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter mata. 

Baca Juga:

Marak Suplemen Herbal Mata Minus, Benarkah Dapat Menyembuhkan?

Strabismus : Gejala, Jenis Penyebab, Cara Mengobati

Pre Lasik

Bila syarat Lasik Mata tersebut sudah terpenuhi, maka Anda dapat memastikannya dengan melakukan pemeriksaan Pre Lasik. Pre Lasik ini merupakan serangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis mata untuk memastikan kondisi mata pasien secara menyeluruh. 

Hasil Pre Lasik menentukan, apakah kondisi mata pasien dapat dilakukan tindakan Lasik atau tidak. Bila tidak ada gangguan mata lain, dan syarat Lasik Mata terpenuhi, maka pasien bisa lanjut melakukan Lasik. Jadi, pastikan Anda melalui pemeriksaan Pre Lasik dengan baik untuk mengetahui kondisi mata menyeluruh dan apakah Anda telah menjadi kandidat operasi Lasik.

Untuk menambah pengetahuan terkait kesehatan mata, tonton video berikut ini :