Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Kelopak Mata Turun Sebelah: Penyebab dan 6 Cara Mengobati

Ditinjau oleh

author-04

Terakhir diperbaharui pada

18 Juni 2024

Bagikan

kelopak mata turun sebelah

Kelopak mata turun sebelah, yang juga dikenal sebagai ptosis atau blefaroptosis, adalah kondisi di mana salah satu kelopak mata bagian atas turun lebih rendah dari posisi normalnya. Kondisi ini dapat mempengaruhi satu atau kedua mata dan dapat terjadi pada semua usia.

Penyebab Kelopak Mata Turun Sebelah

Penyebab Kelopak Mata Turun Sebelah

Kelopak mata turun sebelah, atau yang dikenal sebagai ptosis, bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari kondisi ini:

Kelemahan Otot

Ptosis sering kali disebabkan oleh kelemahan otot levator yang bertanggung jawab mengangkat kelopak mata. Kondisi ini bisa terjadi seiring bertambahnya usia (ptosis senilis) sama seperti ciri katarak.

Gangguan Saraf

Kerusakan atau gangguan pada saraf yang mengontrol otot levator, seperti pada kasus palsi saraf okulomotor, bisa menyebabkan ptosis.

Trauma atau Cedera

Cedera pada mata atau daerah sekitar mata dapat merusak otot atau saraf yang mengangkat kelopak mata.

Kondisi Medis

Penyakit tertentu seperti miastenia gravis, yang mempengaruhi komunikasi antara saraf dan otot, atau diabetes yang dapat merusak saraf, dapat menyebabkan ptosis.

Kongenital

Ptosis juga dapat bersifat kongenital, artinya seseorang dilahirkan dengan kondisi ini akibat perkembangan otot levator yang tidak sempurna.

Tumor atau Massa

Adanya massa atau tumor di sekitar mata atau otak dapat memberikan tekanan pada saraf atau otot yang mengontrol kelopak mata.

Baca juga:Penyebab Mata Gatal Terus-Menerus dan Cara Mengatasinya

Cara Mengobati Kelopak Mata Turun Sebelah dengan Alami

Cara Mengobati Kelopak Mata Turun Sebelah dengan Alami

Mengobati kelopak mata turun sebelah (ptosis) secara alami memang lebih menantang, terutama jika penyebabnya adalah faktor struktural atau saraf. Namun, beberapa pendekatan alami bisa membantu memperkuat otot-otot sekitar mata dan memperbaiki tampilan kelopak mata. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat dicoba:

Latihan Mata

Latihan mata tertentu dapat membantu memperkuat otot levator yang mengangkat kelopak mata. Beberapa latihan yang dapat dicoba meliputi:

  • Latihan Penguatan Otot Kelopak Mata: Duduk dengan nyaman dan letakkan jari telunjuk di bawah alis. Angkat alis Anda sambil menekan ringan, lalu tutup mata perlahan. Tahan posisi ini selama beberapa detik, lalu lepaskan. Ulangi 10-15 kali.
  • Latihan Fokus Mata: Fokuskan pandangan Anda pada objek yang dekat, kemudian pindahkan fokus ke objek yang lebih jauh. Ini membantu memperkuat otot mata secara keseluruhan.

Pijat dan Stimulasi

Pijatan lembut di sekitar mata dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan memperkuat otot kelopak mata.

  • Pijatan Kelopak Mata: Gunakan ujung jari untuk memijat lembut area sekitar mata dengan gerakan melingkar. Pijat selama beberapa menit setiap hari.
  • Kompres Hangat: Menggunakan kompres hangat pada kelopak mata dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kekakuan otot.

Konsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan otot dan saraf.

  • Makanan Kaya Antioksidan: Buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C dan E, seperti jeruk, kiwi, bayam, dan brokoli, dapat membantu menjaga kesehatan otot.
  • Asupan Protein: Makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan produk susu membantu memperbaiki jaringan otot.

Mengelola Stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan otot dan saraf. Mengelola stres dengan baik dapat membantu:

  • Teknik Relaksasi: Meditasi, yoga, dan latihan pernapasan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan keseluruhan.
  • Tidur yang Cukup: Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk memungkinkan tubuh Anda memperbaiki dan memulihkan diri.

Hindari Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk dapat memperburuk ptosis:

  • Menggosok Mata: Hindari menggosok mata secara berlebihan, karena ini dapat melemahkan otot kelopak mata dan menyebabkan mata merah.
  • Penggunaan Gadget Berlebihan: Batasi waktu penggunaan gadget untuk menghindari kelelahan mata yang dapat memperburuk kondisi ptosis.

Penggunaan Herbal dan Suplemen

Beberapa suplemen dan herbal dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan mata dan otot:

  • Gingko Biloba: Herbal ini dikenal dapat meningkatkan sirkulasi darah, termasuk di area mata.
  • Omega-3: Suplemen minyak ikan atau konsumsi makanan kaya omega-3 seperti ikan salmon dan biji rami dapat membantu menjaga kesehatan mata dan otot.

Catatan penting: Pendekatan alami ini dapat membantu dalam beberapa kasus, terutama jika ptosis disebabkan oleh faktor non-struktural seperti kelemahan otot ringan atau stres. Namun, untuk ptosis yang disebabkan oleh kondisi medis serius, gangguan saraf, atau trauma, pendekatan alami mungkin tidak cukup efektif. Selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum memulai pengobatan alami, terutama jika gejala ptosis muncul tiba-tiba atau memburuk.

Baca juga: Penyebab Kantung Mata Kendur di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Konsultasikan di National Eye Center

Segera konsultasikan dengan dokter mata jika Anda mengalami gejala ptosis, terutama jika disertai dengan penglihatan kabur, sakit kepala, atau kelemahan otot yang parah. Penanganan yang tepat dan dini dapat mencegah komplikasi lebih lanjut dan memperbaiki kualitas hidup.

Dalam banyak kasus, ptosis dapat diobati dengan efektif baik melalui intervensi medis maupun bedah, tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi. Selalu penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dari profesional kesehatan untuk menentukan pengobatan yang paling sesuai. National Eye Center (NEC) menawarkan berbagai layanan terkait kesehatan mata, termasuk konsultasi berbagai kondisi mata. Bagi pasien yang mencari konsultasi penyakit mata seperti psoriasis, NEC menyediakan pendekatan komprehensif melalui klinik mata nya. Pasien dirujuk ke NEC oleh poliklinik dan dokter umum, dan penting untuk mendapatkan rujukan sebelum mengunjungi klinik. Konsultasikan ptosis dan penyakit mata yang lain di national eye center.

Sumber

dr.Elly Rahmawati, Sp.M

Simak juga video tentang kesehatan mata yang lainnya