Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Jumat | 09:00 - 20:00 WIB - Sabtu | 09:00 - 16:00 WIB

Atur jadwal kedatangan terlebih dahulu

Apakah Kacamata Sunglasses Efektif Melindungi Mata?

Kamu sering menggunakan kacamata sunglasses ? Apakah kacamata sunglasses efektif melindungi mata ? kacamata seringkali digunakan untuk melindungi mata atau bergaya tetapi apakah jenis kacamata sunglasses efektif untuk melindungi mata, mari simak penjelasan dibawah ini 

Baca juga : Mata Panda 

Apakah Kacamata Sunglasses ?

Kacamata Sunglasses

Kacamata hitam, atau yang juga dikenal sebagai sunglasses, adalah jenis kacamata yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari sinar matahari yang terang dan berbahaya, serta memberikan kenyamanan saat beraktivitas di luar ruangan pada hari yang cerah. Selain itu, sunglasses juga dapat menjadi aksesori fashion yang populer.

Manfaat Kacamata Sunglasses

Berikut beberapa fungsi penting dari kacamata hitam atau sunglasses:

1. Perlindungan dari Sinar UV

Sunglasses dilengkapi dengan lensa yang dirancang untuk menyaring atau mengurangi sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak mata dan kulit di sekitar mata. Paparan berlebihan terhadap sinar UV bisa menyebabkan kerusakan mata, termasuk katarak dan degenerasi makula.

2. Mengurangi Silau

Lensa kacamata hitam membantu mengurangi silau dari sinar matahari yang terang, seperti sinar mentari atau kilat dari permukaan air atau aspal. Ini membantu menjaga kenyamanan penglihatan dan mengurangi ketegangan mata.

3. Mencegah Kelelahan Mata

Saat berada di lingkungan yang terang, mata mungkin harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan intensitas cahaya. Sunglasses membantu meredakan kelelahan mata dan menjaga penglihatan tetap nyaman.

4. Melindungi Kulit Sekitar Mata

Sunglasses juga membantu melindungi kulit di sekitar mata dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan kulit dan risiko kanker kulit.

5. Aksesori Fashion

Selain manfaat fungsionalnya, sunglasses juga merupakan aksesori mode yang populer. Berbagai model, warna, dan desain sunglasses tersedia untuk mencocokkan gaya pribadi.

Penting untuk memilih sunglasses yang memiliki perlindungan UV yang memadai, terutama label “UV400” atau “100% UV protection,” yang menunjukkan bahwa lensa mampu menahan semua jenis sinar ultraviolet. Jika memungkinkan, berkonsultasilah dengan dokter mata atau ahli optik saat memilih sunglasses yang cocok dengan kebutuhan kamu, terutama jika memiliki masalah penglihatan atau sensitivitas mata tertentu.

Baca juga : Terapi Mata Minus Anak 

Bagaimana Memilih Kacamata Sunglasses?

Dalam memilih kacamata sunglasses yang sesuai, ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan untuk menjaga kenyamanan mata dan perlindungan dari sinar matahari. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti saat memilih kacamata sunglasses:

1. Perlindungan UV

Pilih sunglasses dengan perlindungan UV yang kuat, minimal 99% hingga 100% dari sinar UVA dan UVB. Pastikan kacamata memiliki label “UV400” atau “100% UV protection” untuk memastikan bahwa lensa dapat menyaring sinar ultraviolet secara efektif.

2. Pengurangan Silau

Pilih sunglasses yang mampu mengurangi silau dan intensitas cahaya terang. Lensa dengan tingkat kegelapan yang sesuai akan membantu melindungi mata dari silau berlebihan.

3. Jenis Lensa

Ada berbagai jenis lensa yang sesuai untuk berbagai kegiatan. Lensa polarisasi membantu mengurangi silau dari permukaan air atau jalan, sementara lensa berwarna kuning atau oranye cocok untuk kondisi cahaya redup atau senja. Lensa yang dapat berubah warna (transitions) juga merupakan pilihan praktis.

4. Ukuran dan Bentuk

Pilih sunglasses yang sesuai dengan bentuk wajah. Bentuk sunglasses yang tepat akan meningkatkan penampilan dan kenyamanan. Pastikan ukuran frame sesuai dengan lebar wajah.

5. Bahan Frame

Frame sunglasses terbuat dari berbagai bahan seperti plastik, logam, atau kombinasi material. Pilih bahan yang nyaman dan sesuai gaya kamu.

6. Fitur Tambahan

Beberapa sunglasses memiliki fitur tambahan seperti bingkai lipat, penyesuaian nose pad, atau tali pengaman untuk mencegah kehilangan saat beraktivitas.

7. Merk dan Kualitas

Pilih sunglasses dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam menghasilkan produk berkualitas. Ini memastikan kamu mendapatkan sunglasses yang tahan lama dan dapat diandalkan.

8. Konsultasi Dokter Mata

Jika kamu memiliki masalah penglihatan atau kondisi mata tertentu, konsultasikan dengan dokter mata sebelum membeli sunglasses. Mereka dapat memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan mata kamu.

9. Coba Terlebih Dahulu

Sebaiknya mencoba sunglasses sebelum membeli. Ini membantu kamu memeriksa bagaimana sunglasses cocok di wajah dan rasanya saat dikenakan.

10. Pertimbangkan Aktivitas

Pertimbangkan jenis kegiatan yang akan kamu lakukan saat menggunakan sunglasses. Misalnya, aktivitas olahraga mungkin membutuhkan sunglasses yang lebih stabil dan nyaman.

Ingatlah bahwa sunglasses bukan hanya sekadar aksesori mode, tetapi juga berfungsi melindungi mata dari efek buruk sinar matahari. Karena itu, pilihlah dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Baca juga : Katarak Lensa Premium

Ayo Pakai Sunglasses Yang Benar

Kacamata Sunglasses

Pastikan untuk mengenakan sunglasses saat berada di luar ruangan, terutama jika kamu menggunakan kacamata minus dan perlu bergantian memakainya. Sunglasses sangat membantu melindungi mata dari paparan sinar UV berbahaya dan mengurangi efek silau, memberikan perlindungan tambahan serta kenyamanan.

Apabila kamu mengalami kesulitan dengan kacamata minus dan mencari solusi yang lebih praktis, mempertimbangkan opsi Lasik mata adalah langkah yang baik. Namun, keputusan untuk menjalani prosedur Lasik mata sebaiknya dipikirkan matang dan setelah berkonsultasi dengan dokter mata yang berkompeten. Dokter mata akan mengevaluasi kondisi mata kamu dan memberikan panduan apakah Lasik sesuai dengan situasi kamu.

Ingatlah bahwa keputusan terkait kesehatan mata perlu diperlakukan serius, sehingga penting untuk mendapatkan informasi yang akurat dan konsultasi medis sebelum mengambil langkah apapun.

Sumber:
dr. Inten Ardiyanti, SpM

Bebas kacamata selamanya dalam hitungan detik

Saksikan Pula Beberapa Video Edukasi Kesehatan Lainnya