Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Mata Bengkak Dan Berair, Ini Cara Mengatasinya!

Ditinjau oleh

NEC

Terakhir diperbaharui pada

7 Februari 2024

Bagikan

mata bengkak dan berair
mata bengkak dan berair

Mata bengkak dan berair menjadi salah satu permasalahan mata yang kerap terjadi di masyarakat. Selain dengan penyakit mata seperti Miopi (mata minus) dan katarak, mata bengkak dan berair juga dapat mengganggu aktivitas bagi mereka yang terkena penyakit ini. Nah maka dari itu disini Minel akan membahas mengenai permasalahan mata bengkak dan berair.

Penyebab mata bengkak dan berair

Mata yang bengkak dan berair menurut Dr. Chandra Nur Indenta Prima Budi Sp.M disebabkan karena endema atau kelebihan cairan dalam jaringan ikat di sekitar mata bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah medis dan non-medis. Beberapa kemungkinan penyebab bengkak dan berairnya mata adalah sebagai berikut:

  1. Reaksi alergi terhadap serbuk sari, debu, bulu hewan, atau bahan kimia tertentu dapat menyebabkan mata bengkak dan berair.
  2. Infeksi bakteri atau virus, seperti konjungtivitis (mata merah), bisa menyebabkan mata bengkak dan berair. Infeksi mata biasanya disertai gejala lain seperti gatal, perih, atau sensasi terbakar.
  3. Kurang tidur akan menyebabkan mata bengkak sehingga penting bagi kita untuk menjaga pola tidur terlebih untuk mengistirahatkan mata
  4. Setelah menangis biasanya juga menjadi salah satu faktor bengkaknya mata
  5. Penyakit Graves yaitu kerusakan pada sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit maka disarankan agar segera menemui dokter
  6. Saluran air mata yang tersumbat juga dapat menjadi faktor mata bengkak dan berair

Jika mata Anda bengkak dan berair dan gejalanya tidak membaik dalam beberapa hari atau jika Anda mengalami gejala lain seperti nyeri parah, kepekaan terhadap cahaya, atau perubahan penglihatan, segera hubungi dokter mata terdekat. Mereka dapat melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebabnya dan meresepkan pengobatan yang sesuai. Dan ingat Jangan menggosok mata Anda jika terasa gatal atau teriritasi, karena itu dapat memperburuk kondisi mata Anda.

 Baca Juga: Kelopak Mata Bengkak, Ini 8 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi mata bengkak dan berair

Ada banyak cara tentunya untuk mengobati mata bengkak dan berair seperti yang telah dijelaskan oleh Dr.Chandra Nur Indenta Prima Budi Sp.M, di mana cara mengobati mata yang bengkak dan berair akan tergantung pada penyebabnya. Namun tetap disarankan untuk memeriksakan mata anda ke klinik mata terdekat agar dapat diperiksa oleh dokter mata. Berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat membantu meredakan gejala mata bengkak dan berair:

1. Kompres air hangat

Apabila terkena mata bengkak dengan jenis blefaritis, kalazion, atau terkena sengatan serangga maka penanganan utamanya Anda bisa meletakkan kain bersih yang telah dicelupkan dalam air hangat di atas mata selama sekitar 10-15 menit. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan.

2. Hindari menggosok mata

Menggosok mata yang bengkak dan berair dapat memperparah kondisi. Cobalah untuk menghindari menggosok mata Anda.

3. Konsultasi ke dokter mata

Sangat disarankan untuk mengunjungi klinik mata terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut sangat disarankan untuk Anda yang terkena Infeksi mata

4. Obat alergi

Jika terkena alergi yang menjadi penyebab mata bengkak dan berair, obat antihistamin atau antibiotik yang diresepkan dokter dapat membantu mengurangi gejalanya.

5. Menjaga kebersihan mata

Pastikan Anda menjaga mata Anda tetap bersih. Hindari menyentuh mata Anda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Itulah penjelasan mengenai mata bengkak dan berair yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki kondisi mata yang saat ini sedang bengkak dan terasa berair maka segeralahhubungi dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Bila masih ada yang ingin Anda tanyakan mengenai prosedur medis menangani mata merah dan berair Anda bisa langsung datang ke National Eye Center, tempat lasik di Indonesia yang kredibel. Anda akan mendapatkan info yang lebih detail dan banyak informasi informasi penting seputar mata, selain prosedur operasi penyembuhan gangguan penglihatan, seperti operasi lasik, operasi Katarak lensa premium, dan terapi mata minus anak (Ortho k). Yuk buruan datang sekarang juga dan konsultasikan keluhan Anda segera!

Sumber:
Dr. Chandra Nur Indenta Prima Budi Sp.M

Bebas kacamata selamanya dalam hitungan detik

Silakan Saksikan Video Lain Tentang Kesehatan Mata: