Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Pre-Lasik di Surabaya: Cara Mudah Mendapatkannya!

Ditinjau oleh

author-04

Terakhir diperbaharui pada

7 Oktober 2024

Bagikan

Sebelum lebih dalam mengulas tentang Pre-Lasik, perlu diketahui dahulu bahwa Pre-Lasik adalah tahap yang harus dilalui sebelum melakukan Lasik. Lasik adalah prosedur bedah refraktif untuk membantu mengoreksi/menghilangkan kondisi mata minus, silinder bahkan plus baca, cukup hitungan detik laser dapat membantu untuk terbebas dari kacamata/softlens. 

National Eye Center memiliki layanan tindakan Lasik. Sebelum melakukan Lasik wajib melakukan Pre-Lasik di Surabaya dengan tujuan untuk melakukan pemeriksaan secara detail terkait kondisi mata diantara lain pemeriksaan refraksi, pemeriksaan tekanan bola mata, pemeriksaan kadar air mata dsb. Alokasi waktu untuk Prelasik 90-120 menit, hasil dari Pre-Lasik akan ditentukan metode Lasik yang sesuai dengan kondisi mata. 

Bagi yang berminat melakukan Pre-Lasik di Surabaya tepatnya di National Eye Center, ada beberapa syarat yang harus diketahui calon pasien sebelum Pre-Lasik diantaranya:

+ Minimal usia 18 tahun

+ Melepas softlens selama 2 minggu

+ Bagi pengguna Ortho-K harus lepas selama 3 bulan

+ Minimal melepas hardlens/RGP selama 1 bulan

+ Pasca 6 bulan melahirkan dan menyusui

+ Tidak menggunakan make up area mata

Pemeriksaan Pre-Lasik ini dirasa penting karena tindakan Lasik adalah tindakan yang yang kompleks dan tidak semua kondisi mata layak melakukan Lasik. Perlu diketahui pula bahwasanya kondisi mata setiap pasien berbeda. Oleh karenanya pada tahap Pre-Lasik akan ditentukan kondisi mata layak Lasik atau tidak. Bagi anda yang ingin melakukan Pre-Lasik di Surabaya dapat mengunjungi klinik National Eye Center, karena memiliki metode Lasik terlengkap dan tim dokter yang sudah tersertifikasi international.

Baca juga di : Persiapan Pre Lasik Yang Harus Diperhatikan

Dilema Mata Minus

Miopi adalah kondisi rabun jauh atau mata minus, baik muda atau dewasa tidak terhindarkan dari kondisi tersebut. Dengan ini Lasik menjadi solusi untuk membebaskan dari kondisi mata minus. 

Penyebab mata minus bisa karena faktor kebiasaan, yakni membaca ditempat yang redup, menatap gawai dalam jangka waktu yang lama, hingga jarang melakukan aktivitas diluar. Selain itu, kondisi mata minus juga bisa timbul karena faktor genetik. Dengan ini apabila orang tua memiliki kondisi mata minus maka memperbesar resiko kondisi tersebut turun pada anak

Kondisi mata minus membuat kesulitan untuk melihat jarak jauh secara jelas atau pandangan menjadi buram, oleh karenanya harus dibantu dengan kacamata/softlens.

Ketergantungan terhadap kacamata/softlens seringkali membuat tidak nyaman beraktivitas dengan bebas. Sebagai pengguna kacamata pastinya mengalami bagaimana ketika bangun dipagi hari mencari kacamata, pernah mengalami kacamata patah, lupa menaruh kacamata hingga kehilangan kacamata. Terlebih lagi bagi pengguna softlens, kondisi mata iritasi pun tidak terhindarkan. Penggunaan softlens memang dapat menjadi pilihan, namun harus tetap waspada dan tidak boleh digunakan sembarangan. 

Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan mata minus?

Tidak perlu khawatir ya, National Eye Center memiliki layanan unggulan Lasik yang dapat membantu membebaskan kondisi mata minus, silinder bahkan plus. Sebelum melakukan Lasik tentunya perlu Pre-Lasik/ Screening awal dahulu. Anda dapat menikmati layanan Pre-Lasik di Surabaya bertempat di National Eye Center

Tahapan Pre-Lasik/Screening Awal 

Pada tahap Pre-Lasik ada beberapa langkah penting yang harus diambil, diantaranya: 

1. Pemeriksaan Refraksi

Dilakukan pengukuran kelainan refraksi rabun jauh, rabun dekat dan silindris menggunakan alat khusus yang bernama ARK  (Auto Refrakto Keratometer)

2. Pemeriksaan Tekanan Bola Mata

Pada tahap ini akan dilakukan pemeriksaan dengan alat khusus yang  bernama Auto Tonometer untuk mengetahui berapa ukuran tekanan bola mata. Alat ini bekerja dengan menyemprotkan cairan ke area mata untuk mengukur tekanan bola mata

3. Pemetaan Topografi Kornea

Menggunakan alat khusus dengan model seperti layar komputer berpunuk tabung yang bernama atlas topografi. Fungsi dari alat ini adalah untuk melakukan pemetaan kornea mulai dari bentuk hingga kelengkungan kornea

4. Pemeriksaan Ketebalan kornea

Pada pemeriksaan ini menggunakan alat khusus yakni ultrasound pachymetry untuk dilakukan pengecekan ketebalan kornea mencukupi untuk lasik atau tidak. 

5. Pemeriksaan Lanjutan dan konsultasi dokter

Pemeriksaan lanjutan berupa berupa pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan syaraf mata dan pemeriksaan mata secara fisik dan struktur mata. 

Setelahnya akan dilakukan konsultasi bersama dengan dokter mata untuk menunjukkan hasil apakah kondisi mata layak lasik atau tidak. 

Baca juga di : Begini 4 Alur Pre Lasik Sebelum Melakukan Lasik Mata!

Pre-Lasik di Surabaya

National Eye Center adalah pusat bedah refraktif terlengkap di Surabaya. Salah satu layanan unggulannya adalah Lasik yang memiliki beragam metode seperti Zeiss Smile, Femto Lasik, Presbyond dan PRK. 

Telah banyak public figur dan content creator yang sudah melakukan Pre-Lasik dan Lasik di NEC diantaranya:

1. Keisha Alvaro

    Pre-Lasik di Surabaya
    Pre-Lasik di Surabaya

    Keisya Alvaro adalah aktor multitalenta, kondisi mata kanan -7.75 silinder 2.25 dan pada mata kiri -7 silinder 3.25. Lasik di NEC menggunakan metode Zeiss Smile

    2. Okkie  Agustina

    Pre-Lasik di Surabaya
    Pre-Lasik di Surabaya

    Okkie Agustina adalah Ibu dari Keisya Alvaro yang melakukan Lasik metode Presbyond (dapat mengoreksi minus/silinder/plus), dengan kondisi minus  kanan -1.75 cyl – 1.75 dan kiri -1.50 cyl  -1.75 serta plus baca  +1.25

    3. Vabella

    Pre-Lasik di Surabaya
    Pre-Lasik di Surabaya

    Vabella Widiarti merupakan tiktokers asal Jawa Barat dengan kondisi mata minus kanan – 9. 50 dan kiri  -1o,5 cyl 1.00, Lasik menggunakan metode Femto Lasik

    4. Ricky Cuaca

    Pre-Lasik di Surabaya
    Pre-Lasik di Surabaya

    Ricky Cuaca merupakan salah satu aktor indonesia, memiliki kondisi mata minus kanan – 3. 25 cyl 0.75 dan mata kiri -3.25 cyl -0.50, menggunakan Lasik metode Zeiss Smile untuk memperbaiki kualitas penglihatan.

    Jadi sebelum melakukan lasik perlu Pre-Lasik atau screening awal agar dapat diketahui kondisi anatomi  mata sekaligus menentukan metode yang paling tepat. 

    National Eye Center telah di dukung oleh Tim Dokter yang tersertifikasi international dan memiliki alat yang modern serta canggih. Dengan ini National Eye Center dapat menjadi pilihan anda untuk melakukan Lasik agar terbebas dari kacamata. 

    Khusus buat NEC People, ada voucher khusus. Mari selangkah lebih maju untuk dapat meningkatkan kualitas penglihatan

    Pre-Lasik tidak hanya menjadi acuan waktu Lasik, tetapi juga bertujuan untuk mengetahui kondisi mata anda secara terbaru.

    Ingin konsultasi lebih lanjut perihal Pre- Lasik dan claim voucher?

    Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi situs web National Eye Center agar dapat terhubung dengan Patient Educator.