Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Pengaruh Hormon Terhadap Fungsi Mata

Ditinjau oleh

NEC

Terakhir diperbaharui pada

30 September 2024

Bagikan

Pengaruh Hormon Terhadap Fungsi Mata

Pengaruh hormon terhadap mata sangat penting, karena hormon tidak hanya mengatur berbagai fungsi tubuh seperti rasa lapar, tidur, dan suasana hati, tetapi juga memengaruhi sistem reproduksi. Sepanjang hidup, perubahan kadar hormon pasti akan terjadi, baik itu karena proses pertumbuhan, perkembangan, maupun kondisi medis tertentu.

Penting untuk memahami bagaimana hormon bisa memengaruhi kesehatan mata dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah mata terkait perubahan hormon. Yuk ikuti Minel dalam artikel ini untuk wawasan lebih lanjut!

Perubahan Hormon yang Memengaruhi Kondisi Mata

Perubahan hormon bisa terjadi di berbagai tahap kehidupan dan dapat berdampak langsung pada kesehatan mata. Pengaruh hormon ini dapat memengaruhi berbagai fungsi mata dan menyebabkan masalah tertentu. Berikut beberapa contoh perubahan hormonal yang bisa memengaruhi kondisi mata:

1. Anak Kecil

Selama masa pubertas, tubuh anak mengalami lonjakan hormon yang sangat tinggi. Hormon-hormon ini memicu berbagai proses pertumbuhan, pertumbuhan lengan, kaki, dan juga bola mata. Saat bola mata tumbuh inilah perubahan penglihatan sering kali terjadi. Namun, setelah masa pubertas berlalu dan kadar hormon menjadi lebih stabil, biasanya kondisi penglihatan juga akan ikut stabil dan tidak banyak berubah.

2. Wanita

Pengaruh hormon, terutama estrogen dan progesteron, dapat memengaruhi kesehatan mata pada wanita. Selama kehamilan, perubahan penglihatan sering terjadi akibat adanya retensi cairan, berkurangnya produksi air mata, dan meningkatnya tekanan intraokular. Selain itu, saat memasuki menopause, penurunan estrogen dapat menyebabkan masalah penglihatan.

3. Gangguan Tiroid

Pengaruh hormon tiroid sangat penting dalam menjaga keseimbangan tubuh, termasuk kesehatan mata. Ketidakseimbangan hormon tiroid, seperti pada penyakit Graves, bisa menyebabkan masalah pada penglihatan. Pada kondisi ini, antibodi menyerang kelenjar tiroid dan jaringan di sekitar mata, yang menyebabkan perubahan penglihatan.

BACA JUGA:
Bagaimana Hormon Kehamilan Mempengaruhi Penglihatan Mata Ibu Hamil?

Kondisi Mata akibat Pengaruh Hormon

Kondisi Mata akibat Pengaruh Hormon

Hormon tubuh dapat memengaruhi banyak aspek kesehatan kita, termasuk kesehatan mata. Beberapa pengaruh hormon terhadap kondisi mata kita adalah sebagai berikut.

1. Mata Kering

Salah satu dampak dari pengaruh hormon adalah kondisi mata kering. Ini sering dialami oleh wanita yang memasuki masa menopause. Meskipun para ahli masih memperdebatkan peran hormon estrogen terhadap kesehatan mata, ada teori baru yang menyatakan bahwa selama menopause, mata kering lebih mungkin disebabkan oleh penurunan hormon androgen, bukan estrogen.

2. Katarak

Katarak merupakan kondisi ketika lensa mata menjadi keruh, sehingga penglihatan terganggu. Pengaruh hormon, terutama penurunan estrogen pada wanita setelah menopause, bisa mempercepat terjadinya katarak. Penelitian menunjukkan bahwa estrogen membantu melindungi lensa mata agar tidak keruh, sehingga hormon ini penting untuk mengurangi risiko terkena katarak.

3. Glaukoma

Glaukoma bisa menyebabkan hilangnya penglihatan secara perlahan dan merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di dunia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 60% dari semua penderita adalah wanita. Pengaruh hormon estrogen yang berbeda antara pria dan wanita inilah yang mungkin menjelaskan mengapa glaukoma lebih banyak terjadi pada wanita.

4. Mata Minus

Miopi, atau mata minus, sering terjadi pada anak-anak saat mereka mengalami pubertas. Pengaruh hormon yang meningkat selama masa ini dapat menyebabkan bola mata memanjang, sehingga menyebabkan terjadinya masalah penglihatan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar hormon tiroid (T4) yang lebih tinggi memiliki risiko lebih besar mengalami masalah pada mata seperti degenerasi makula (AMD) dan perubahan pada retina. Pengaruh hormon tiroid ini juga tampaknya berperan dalam perkembangan sel kerucut di mata, yang bertanggung jawab atas kemampuan kita melihat warna.

BACA JUGA:
Berbagai Gangguan Saraf Mata Yang Sering Dialami!

Cara Menjaga Kondisi Mata saat Mengalami Perubahan Hormonal

Pengaruh Hormon: Cara Menjaga Kondisi Mata saat Mengalami Perubahan Hormonal

Perubahan hormon dalam tubuh dapat memengaruhi kesehatan mata. Oleh karena itu, penting untuk menjaga mata tetap sehat selama masa-masa ini. Berikut beberapa cara mudah untuk merawat mata saat mengalami perubahan hormonal:

  • Jika ada masalah hormon seperti tiroid, dokter mungkin akan membantu mengatur kadar hormon.
  • Gunakan tetes mata secara rutin untuk menjaga mata tetap lembab, dan pilih tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawat.
  • Teknologi seperti IPL (Intense Pulsed Light) bisa dianjurkan oleh dokter mata untuk mengatasi mata kering akibat perubahan hormon.
  • Pakai kacamata untuk melindungi mata dari angin, sinar matahari, dan asap yang bisa memperparah kondisi mata.
  • Bersihkan kelopak mata secara rutin dengan cara memanaskan, memijat, dan membersihkan area mata.
  • Berkedip penuh secara teratur agar lapisan air mata menyebar merata di seluruh permukaan mata.

Bagi kamu yang memiliki mata minus dan ingin melakukan prosedur Lasik, sebaiknya hindari jika sedang hamil atau menyusui. Fluktuasi hormon selama masa ini dapat memengaruhi kondisi penglihatan dan seringkali menyebabkan mata kering. Namun, jangan khawatir, kondisi ini biasanya akan kembali normal setelah hormon stabil.

Anak-anak dengan mata minus juga tetap bisa menjalani terapi mata minus anak dengan menggunakan lensa RGP. Lensa ini lebih mudah digunakan karena tidak mudah terlipat seperti softlens dan hanya membutuhkan waktu kontak singkat dengan mata. Penggunaan lensa RGP juga bisa membantu memperlambat perkembangan mata minus pada anak.

BACA JUGA:
Obat Tetes Mata: Jenis dan Cara Penggunaannya dengan Tepat

Yuk Jaga Kesehatan Mata di NEC!

Pengaruh Hormon: Yuk Jaga Kesehatan Mata di NEC!

Perubahan hormon dapat memengaruhi kondisi mata, seperti menyebabkan mata kering atau penglihatan menjadi buram. Jika kamu mengalami perubahan penglihatan yang tidak, sebaiknya segera periksa ke dokter mata. National Eye Center (NEC) menyediakan layanan lengkap untuk menjaga kesehatan mata dan menangani berbagai masalah penglihatan.

Di NEC, tersedia juga layanan katarak lensa premium yang tidak hanya mengobati katarak, tetapi juga bisa menghilangkan mata minus. Dengan lensa ini, penglihatan akan menjadi lebih jernih dan tajam. Layanan ini sangat cocok bagi yang ingin mengatasi katarak dan mata minus sekaligus.

Selain perawatan di klinik, penting juga untuk menjaga kesehatan mata dengan menerapkan kebiasaan baik sehari-hari. Misalnya, hindari penggunaan gawai terlalu lama dan pastikan tidur cukup agar mata tidak lelah atau muncul mata panda. Menggabungkan perawatan dari NEC dengan gaya hidup sehat akan membantu menjaga kesehatan mata.

Yuk hidup sehat bersama National Eye Center!

Jangan lupa cek video wawasan kesehatan mata hanya di YouTube NEC!