Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Mata Merah, Mengapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh

author-06

Terakhir diperbaharui pada

31 Agustus 2024

Bagikan

Mata Merah

Mata merah, masalah yang sering kita alami dan seringkali dianggap sepele. Namun, tahukah Anda bahwa di balik warna merah yang mencolok itu, terdapat berbagai penyebab yang perlu diperhatikan?

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi hingga alergi. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang penyebab mata merah, gejala yang menyertainya, serta cara penanganannya.

Penyebab Mata Merah

Mata merah adalah kondisi umum yang ditandai dengan pembuluh darah di bagian putih mata yang melebar, membuatnya terlihat merah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari yang ringan hingga yang serius. Berikut ini merupakan penyebab terjadinya mata merah: 

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Merah dengan Mudah

  • Infeksi : Peradangan pada selaput konjungtiva yang melapisi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. Bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau alergi.
  • Alergi : Reaksi alergi terhadap berbagai zat seperti serbuk sari, bulu hewan, debu, atau produk kosmetik.
  • Iritasi : Iritasi pada mata dapat menyebabkan mata merah, kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti debu, polusi udara, lensa kontak dan produk kosmetik.
  • Kelelahan Mata : Terlalu lama menatap layar komputer, ponsel, atau membaca bisa mengakibatkan mata lelah.
  • Mata Kering : Kurangnya produksi air mata atau kualitas air mata yang buruk.
  • Cedera : Benturan pada mata atau benda asing yang masuk ke mata.
  • Kondisi Medis Lainnya : Glaukoma, uveitis, dan beberapa penyakit sistemik lainnya juga dapat menyebabkan mata merah.

Tips dan Solusi Cepat untuk Meredakan Mata Merah

Ternyata mata merah dapat diatasi dengan beberapa tips dan solusi cepat lo! Ingat, Ingat, meskipun solusi ini dapat membantu meredakan gejala, penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika kondisi tidak membaik atau jika disertai gejala lain yang mengkhawatirkan. Yuks simak penjelasannya:

Istirahatkan Mata

Berikut cara mengistirahatkan mata agar mata merah mereda:

  • Kurangi paparan layar: Batasi waktu menatap layar komputer, ponsel, atau televisi.
  • Atur pencahayaan: Pastikan pencahayaan cukup saat bekerja atau membaca.
  • Berkedip secara teratur: Berkedip membantu menjaga kelembapan mata.

Kompres Dingin

Manfaat dari kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada mata. Cara melakukannya: celupkan kain bersih ke dalam air dingin, peras, lalu letakkan di atas mata yang tertutup selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

Kompres Hangat

Dengan kompres hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu melepaskan minyak alami yang menjaga kelembapan mata. Cara melakukannya sama seperti kompres dingin, namun gunakan air hangat.

Gunakan Air Mata Buatan

Air mata buatan dapat membantu melumasi mata dan mengurangi iritasi, sehingga dapat menjaga kelembaban mata. Jika Anda ingin menggunakannya, pilihlah produk air mata buatan yang bebas pengawet.

Hindari Menggosok Mata

Menggosok mata dapat memperparah iritasi hingga menyebarkan infeksi.

Obat Tetes Mata

Jika gejala tidak membaik, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat tetes mata yang sesuai dengan kondisi mata Anda. Dokter mungkin meresepkan obat tetes mata antihistamin, antibakteri, atau kortikosteroid.

Perhatikan Alergen

Identifikasi penyebab alergi terlebih dahulu. Jika mata merah disebabkan oleh alergi, hindari paparan alergen seperti serbuk sari, bulu hewan, atau debu. Gunakan masker karena memakai masker dapat membantu mengurangi paparan alergen.

Jaga Kebersihan Lensa Kontak

Jika Anda pengguna lensa kontak, pastikan untuk membersihkan secara teratur dan menyimpannya sesuai petunjuk. Selanjutnya istirahatkan mata dengan memberi waktu bagi mata untuk bernapas dengan melepas lensa kontak secara teratur.

Baca Juga : 10 Penyebab Mata Merah beserta Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Mata Merah

Sebelumnya sudah dijelaskan tentang cara menanganinya. Nah, sekarang akan membahas bagaimana cara mencegah terjadinya mata merah di masa yang akan datang, sebagai berikut:

  1. Jaga kebersihan tangan
  2. Hindari menggosok mata
  3. Istirahatkan mata
  4. Lindungi mata dari sinar matahari
  5. Menjaga kelembapan udara disekitar mata
  6. Konsumsi makanan sehat
  7. Perhatikan penggunaan lensa kontak
  8. Hindari paparan alergen, seperti serbuk sari, bulu hewan atau debu
  9. Jaga kebersihan lingkungan
  10. Periksakan kesehatan mata secara berkala.

Baca Juga : Mata Merah tapi Tidak Sakit: Penyebab dan Cara Mengatasi

Mata merah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi, alergi, hingga kelelahan. Untuk meredakan gejala dan mencegah terjadinya kembali perlu melakukan pola hidup sehat serta memperhatikan kondisi mata Anda, serta lakukan pemeriksaan pada dokter mata.

National Eye Center siap membantu Anda menjaga kesehatan mata dengan pemeriksaan menyeluruh dan perawatan yang tepat. Jangan tunda untuk memeriksakan kesehatan matamu secara rutin. Semakin dini deteksi, semakin besar kemungkinan untuk mencegah masalah yang lebih serius. Kesehatan mata adalah investasi masa depan. Percayakan kesehatan matamu pada para ahli di National Eye Center.

Sumber :

dr.Ruchyta Ranti,SpM

Yuks Simak Video Edukasi Mata di bawah ini!