Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

8 Cara Menghilangkan Mata Kuning Akibat Layar HP

Ditinjau oleh

author-06

Terakhir diperbaharui pada

3 Agustus 2024

Bagikan

Cara Menghilangkan Mata Kuning Akibat Layar HP

Cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp merupakan hal yang sangat mudah. Di era digital ini, mata kita sering kali terpapar layar HP dalam waktu lama. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah mata, salah satunya adalah mata kuning atau sklera ikterik. 

Pancaran cahaya biru dari layar HP dapat merusak sel-sel di mata dan menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan mata kuning, serta gejala lain seperti mata kering, iritasi, dan kabur. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp.  Yuks simak penjelasannya!

Benarkah Paparan HP Dapat Membuat Mata Menjadi Kuning?

Cara Menghilangkan Mata Kuning Akibat Layar HP

Mata kuning atau sklera ikterik adalah kondisi di mana bagian putih mata (sklera) terlihat menguning. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah paparan layar HP yang berlebihan.

Paparan Cahaya Biru dan Dampaknya pada Mata

Layar HP memancarkan cahaya biru, jenis cahaya yang memiliki panjang gelombang pendek dan energi tinggi. Cahaya biru ini dapat menembus kornea dan lensa mata dan mencapai retina. Paparan cahaya biru yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah mata, salah satunya adalah mata kuning.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya biru dari layar HP dapat berkontribusi pada perkembangan mata kuning. Cahaya biru dapat menyebabkan stres oksidatif pada mata, yang dapat merusak sel-sel hingga menyebabkan peradangan pada mata. maka dengan menminimalisir paparan cahaya biru menjadi salah satu cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp.

Penyebab Bola Mata Menjadi Kuning atau Keruh

Mata berwarna kuning atau keruh dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan HP yang berlebihan. Berikut beberapa penyebab bola mata menjadi kuning atau keruh yang berkaitan dengan penggunaan HP:

Paparan Cahaya Biru Berlebih

Layar HP memancarkan cahaya biru, jenis cahaya yang memiliki panjang gelombang pendek dan energi tinggi. Cahaya biru ini dapat menembus kornea dan lensa mata, dan mencapai retina. 

Mata Lelah (Asthenopia Digitalis)

Penggunaan HP yang berlebihan dapat menyebabkan mata lelah, yang juga dikenal sebagai asthenopia digitalis. Gejala mata lelah termasuk mata kering, mata iritasi, mata kabur, sakit kepala, dan kesulitan fokus. Kondisi mata lelah dapat memperburuk kondisi mata yang sudah ada, seperti mata lelah.

Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan mata kering dan iritasi, yang dapat membuat mata terlihat kuning atau keruh. Penggunaan HP sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur, sehingga memperburuk kondisi ini.

Sindrom Penglihatan Komputer (Computer Vision Syndrome)

Sindrom penglihatan komputer (CVS) adalah kumpulan gejala yang terkait dengan penggunaan perangkat elektronik yang lama, seperti komputer dan HP. Gejala CVS meliputi mata lelah, mata kering, mata iritasi, mata kabur, sakit kepala, dan kesulitan tidur. Kondisi ini dapat memperburuk kondisi mata yang sebelumnya Anda alami, seperti mata kuning.

Apakah Mata Kuning bisa Sembuh Sendiri?

Kemungkinan mata kuning sembuh sendiri tergantung pada penyebabnya. Pada beberapa kasus, mata kuning dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan dan bagaimana cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp. Contohnya:

  1. Mata kuning pada bayi baru lahir: Kondisi ini, yang disebut ikterus neonatorum, biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu setelah lahir.
  2. Mata kuning akibat dehidrasi: Minum banyak air putih dapat membantu menghidrasi tubuh dan menghilangkan bilirubin, zat yang menyebabkan mata kuning, dari darah.

Namun, pada kasus lain, mata kuning memerlukan pengobatan. Contohnya:

  1. Mata kuning akibat penyakit hati: Pengobatan untuk penyakit hati, seperti hepatitis atau sirosis, dapat membantu mengurangi kadar bilirubin dalam darah dan meredakan mata kuning.
  2. Mata kuning akibat anemia: Pengobatan untuk anemia, seperti suplemen zat besi atau transfusi darah, dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dan mengurangi kadar bilirubin dalam darah.
  3. Mata kuning akibat penyakit pankreas: Pengobatan untuk penyakit pankreas, seperti pankreatitis atau kanker pankreas, dapat membantu meredakan penyumbatan saluran empedu dan mengurangi kadar bilirubin dalam darah.

Cara Menghilangkan Mata Kuning Akibat Layar HP

cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp

Bagaimana sih cara menjernihkan mata kuning yang diakibatkan oleh layar HP? Berikut beberapa cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp :

Kurangi waktu menatap layar HP

Ini adalah cara terbaik untuk mencegah mata kuning dan masalah mata lainnya. Cobalah untuk membatasi waktu penggunaan HP Anda, dan istirahatlah setiap 20 menit sekali. Gunakan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit, alihkan pandangan Anda dari layar HP dan fokuslah pada objek yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. ini merupakan cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp

Gunakan kacamata anti-cahaya biru

Kacamata ini dapat membantu memblokir cahaya biru yang dipancarkan dari layar HP dan melindungi mata Anda. Pilih kacamata dengan lensa yang memiliki label “UV 400” dan “anti-cahaya biru”. hal ini ni merupakan cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp

Gunakan obat tetes mata

Obat tetes mata dapat membantu melembabkan mata dan meredakan iritasi. Pilih obat tetes mata yang bebas pengawet dan pewangi. ini juga merupakan cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp

Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan bengkak pada mata. Gunakan kompres dingin selama 10-15 menit beberapa kali sehari. ini merupakan cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp

Makan makanan yang kaya antioksidan:

Antioksidan dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan whole grains yang kaya antioksidan.

Pastikan pencahayaan ruangan yang cukup:

Hindari menggunakan HP di ruangan yang gelap. Pencahayaan yang redup dapat membuat mata Anda bekerja lebih keras dan memperburuk mata kuning atau bahkan menyebabkan miopi .

Perbesar ukuran teks pada layar HP Anda:

Hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan mata. dan ini juga menjadi salah satu cara menghilangkan mata kuning akibat layar hp

Atur kecerahan layar HP Anda:

Hindari menggunakan layar HP yang terlalu terang atau terlalu redup. Kecerahan layar yang ideal adalah yang nyaman bagi mata Anda ahar terhindar dari miopi sehingga dalam penyembuhannya perlu dengan melakukan lasik.

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin:

Konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan mata secara rutin, terutama jika Anda mengalami masalah mata seperti mata kuning atau keruh atau bahkan katarak.

Mata Kuning Tak Kunjung Sembuh? Periksakan di National Eye Center!

Mata kuning yang tak kunjung hilang bisa jadi pertanda masalah kesehatan serius.  National Eye Center Surabaya siap membantu Anda mengatasi mata kuning. Dokter mata berpengalaman kami akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk diagnosis akurat.

National Eye Center dilengkapi peralatan canggih dan menawarkan berbagai layanan mata. Jangan biarkan mata kuning mengganggu aktivitas Anda. Hubungi kami sekarang! National Eye Center, solusi tepat untuk kesehatan mata Anda.

Sumber:

dr. Rigan Ndaru Wicaksono, Sp.M

Yuks Simak Video Edukasi dibawah ini!