Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Jumat | 09:00 - 20:00 WIB - Sabtu | 09:00 - 16:00 WIB

Atur jadwal kedatangan terlebih dahulu

10 Tanda Operasi Katarak Gagal. Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Tau nggak, kalau operasi katarak bisa saja gagal?  Operasi memanglah salah satu prosedur atau solusi penyembuhan pada beberapa penyakit yang cukup serius, salah satunya adalah gangguan katarak. Tetapi perlu kalian ketahui bahwa setiap operasi tidak akan selalu berjalan mulus bahkan bisa juga mengalami kegagalan. Kali ini NEC akan membahas tanda-tanda bahwa operasi katarak gagal. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apakah Operasi Katarak Bisa Gagal ?

operasi katark

Operasi katarak adalah prosedur bedah mata yang bertujuan untuk mengganti lensa mata yang keruh dengan lensa buatan (lensa intraokular atau IOL). Meskipun operasi ini umumnya dianggap sebagai prosedur yang relatif aman dan berhasil, ada situasi di mana operasi katarak dapat dianggap gagal atau tidak memberikan hasil yang diharapkan. Berikut adalah beberapa contoh situasi di mana operasi katarak dapat dianggap gagal:

1. Kesulitan dalam Penggantian Lensa

Kadang-kadang, proses penggantian lensa keruh dengan lensa buatan mungkin tidak berjalan dengan lancar. Ini bisa terjadi karena masalah teknis selama prosedur atau kondisi mata yang tidak memungkinkan pemasangan lensa buatan dengan baik.

2. Komplikasi pada Kapsul Posterior

Setelah operasi lensa mata, terkadang kantong tipis di belakang lensa buatan bisa menjadi keruh atau berubah bentuk. Ini bisa membuat penglihatan kabur atau buram. Kondisi ini disebut “kapsul posterior yang keruh” atau “kapsul fibrotik.” Untungnya, ini bisa diperbaiki dengan prosedur laser untuk membersihkan kantong tersebut dan mengembalikan penglihatan yang jelas.

3. Infeksi

Seperti prosedur bedah lainnya, ada risiko infeksi setelah operasi katarak. Infeksi ini dapat merusak mata dan mengganggu pemulihan.

4. Perubahan Refraktif

Meskipun operasi katarak dapat membantu mengurangi ketergantungan pada kacamata, beberapa pasien mungkin masih memerlukan kacamata untuk melihat dengan jelas, terutama jika faktor refraktif lain seperti astigmatisme tidak diatasi dengan benar selama operasi.

5. Komplikasi Pascabedah

Beberapa komplikasi seperti pembengkakan kornea, retinal detachment (pengelupasan retina), glaukoma, atau edema makula (pembengkakan makula) dapat terjadi setelah operasi katarak dan mempengaruhi penglihatan.

6. Kehilangan Penglihatan

Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan kehilangan penglihatan setelah operasi katarak, terutama jika terjadi komplikasi serius seperti perdarahan atau kerusakan saraf optik.

7. Masalah Anestesi

Reaksi alergi terhadap anestesi atau kesulitan dalam mengendalikan rasa sakit dan ketidaknyamanan selama operasi dapat mempengaruhi hasil akhir.

8. Komplikasi lainnya

Ada juga kemungkinan terjadinya komplikasi lain seperti perdarahan intraokuler, kelainan pada lensa buatan, atau masalah lain yang mungkin mempengaruhi hasil operasi.

Penting untuk diingat bahwa risiko komplikasi atau kegagalan dalam operasi katarak umumnya rendah. Tingkat keberhasilan yang tinggi telah tercapai dalam banyak kasus, dan banyak pasien mengalami perbaikan signifikan dalam penglihatan mereka setelah operasi. 

Namun, ada faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti usia, kesehatan mata yang mendasari, dan faktor medis lainnya. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter mata  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang risiko dan manfaat operasi katarak serta untuk memahami harapan realistis mengenai hasil yang mungkin kamu dapatkan.

Baca juga : Biaya Medical Check Up Mata di NEC

Tanda – Tanda Operasi Katarak Gagal

operasi katarak

Tanda-tanda bahwa operasi katarak mungkin tidak berhasil atau mengalami komplikasi dapat berbeda tergantung pada situasi khusus. Di bawah ini adalah beberapa indikator yang mungkin menunjukkan bahwa hasil operasi katarak tidak mencapai harapan:

1.Kabut atau Penglihatan Buram

Jika setelah operasi Kamu mengalami penglihatan yang kabur atau mata minus yang lebih parah daripada sebelum operasi, ini dapat mengindikasikan kegagalan operasi.

2. Nyeri atau Rasa Tidak Nyaman yang Berlebihan

Rasa sakit yang berlebihan atau ketidaknyamanan yang tidak wajar di mata setelah operasi bisa menjadi pertanda adanya masalah.

3. Perubahan Drastis dalam Penglihatan

Jika terjadi perubahan tajam penglihatan yang dramatis, terutama jika penglihatan menjadi lebih buram, kabur, atau terdistorsi.

4. Penurunan Penglihatan yang Signifikan

Jika penglihatan Kamu tidak membaik setelah periode pemulihan yang diharapkan, ini bisa menjadi pertanda ada masalah.

5. Rasa Sakit yang Tidak Biasa

Nyeri yang tidak biasa, berlanjut, atau semakin intens di mata setelah operasi bisa menunjukkan kemungkinan komplikasi.

Jika kamu merasa khawatir bahwa operasi katarak kamu mungkin tidak berhasil atau kamu mengalami gejala yang mencurigakan setelah operasi, sangat penting untuk segera menghubungi dokter atau tenaga medis yang melakukan operasi atau mencari perawatan medis sesuai. Hanya dokter yang dapat memberikan diagnosis akurat dan petunjuk perawatan yang diperlukan.

Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Pasca Operasi !

Operasi katarak

Pasca operasi katarak, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari untuk memastikan pemulihan yang baik dan mencegah komplikasi. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan setelah operasi katarak:

1. Menggosok atau Mengucek Mata

Hindari menggosok atau mengucek mata yang telah menjalani operasi katarak. Tindakan ini dapat menyebabkan iritasi, infeksi, atau peradangan pada mata yang sensitif.

2. Mengangkat Beban Berat

Usahakan untuk tidak mengangkat beban berat atau melakukan aktivitas fisik yang berat dalam beberapa hari pertama setelah operasi. Langkah ini dapat meningkatkan tekanan pada mata dan memperlambat proses penyembuhan.

3. Pembengkakkan Mata

Hindari tindakan yang dapat menyebabkan mata bengkak, seperti menunduk secara berlebihan atau tidur dengan kepala terlalu rendah. Kamu bisa menggunakan bantal tambahan untuk menjaga kepala sedikit lebih tinggi agar pembengkakan berkurang.

4. Menggunakan Produk Kecantikan atau Kosmetik

Hindari penggunaan produk kecantikan atau kosmetik di sekitar mata dalam beberapa hari setelah operasi. Bahan-bahan kimia dalam produk tersebut dapat menyebabkan iritasi.

Baca juga : Cara Menjaga Mata Sehat dan Fresh Untuk Tampil Estetik

Itulah penjelasan mengenai operasi katarak gagal yang perlu Anda ketahui. Jika Anda terkena gangguan katarak  atau kelainan refraksi lainnya, Anda bisa langsung datang ke National Eye Center sebagai pusat lasik Surabaya yang terpercaya di Indonesia. 

Dengan berkonsultasi pada dokter profesional, Anda akan mendapatkan penanganan yang terbaik untuk kesehatan mata Anda yang optimal. Penglihatan yang lebih jelas dan bebas dari ketergantungan kacamata atau softlens dengan menjalani prosedur Lasik yang aman dan efektif. 

Di sana Anda juga bisa mendapatkan perawatan yang lebih seperti terapi mata minus anak (Ortho K), operasi lasik mata, pengobatan katarak melalui katarak lensa premium, hingga eyesthetic (kecantikan mata).

Tunggu apa lagi? Yuk Lasik di tempat lasik kredibel hanya di National Eye Center!

Sumber:
dr. Rigan Ndaru, SpM

Bebas kacamata selamanya dalam hitungan detik

Saksikan Pula Beberapa Video Edukasi Kesehatan Lainnya