Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Jumat | 09:00 - 20:00 WIB - Sabtu | 09:00 - 16:00 WIB

Atur jadwal kedatangan terlebih dahulu

Simak! 4 Dampak Membaca di Tempat Gelap

Dampak membaca di tempat gelap

Dampak membaca di tempat gelap mungkin sering kita lakukan saat kita masih kecil entah untuk membaca dongeng sebelum tidur atau baca buku cerita lainnya. Yang mana biasanya dampak membaca di tempat gelap dikaitkan dengan terjadinya mata minus (miopi). Nah disini minel akan membahas terkait dampak membaca di tempat gelap. Simak selengkapnya!

Dampak Membaca Di Tempat Gelap Untuk Mata

Membaca di tempat gelap dapat memiliki beberapa dampak pada kesehatan mata dan kenyamanan membaca. Walaupun belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa membaca di tempat yang gelap dapat menyebabkan kerusakan mata yang berarti seperti katarak dan lain sebagainya. Cahaya redup membuat mata sulit fokus, sehingga menyebabkan kelelahan mata dalam jangka pendek. Berikut adalah beberapa dampak membaca di tempat gelap yang mungkin timbul:

1. Kelelahan mata

Membaca di tempat gelap dapat menyebabkan kelelahan mata karena mata harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan dengan tingkat cahaya yang rendah. Ini dapat menyebabkan mata kering, gatal, atau sakit.

2. Menurunkan kualitas penglihatan

Membaca dalam kondisi kurang cahaya dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan sementara. Ini bisa membuat sulit untuk fokus pada teks dan meningkatkan kemungkinan munculnya ketegangan mata.

3. Mengganggu postur tubuh

Di tempat gelap, Anda mungkin tidak dapat memperhatikan postur tubuh dengan baik. Sikap membaca yang buruk dapat menyebabkan ketegangan pada leher, bahu, dan punggung.

4. Susah tidur

Membaca di tempat gelap sebelum tidur, terutama menggunakan perangkat elektronik dengan layar bercahaya, dapat mengganggu ritme tidur alami. Cahaya biru dari layar dapat merusak produksi melatonin, hormon tidur.

Itulah beberapa dampak membaca di tempat gelap, dengan demikian belum ada bukti ilmiah bahwa membaca di tempat gelap dapat menyebabkan mata minus (miopi), sehingga perlu melakukan lasik mata untuk penyembuhannya.

Cara Mengurangi Dampak Membaca di Tempat Gelap

Untuk mengurangi dampak membaca di tempat gelap, pertimbangkan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

1. Sediakan pencahayaan yang cukup

 Pastikan ruangan tempat Anda membaca memiliki pencahayaan yang memadai agar mata tidak terlalu tertekan

2. Gunakan sumber cahaya tambahan

Gunakan lampu baca untuk memberikan cahaya langsung pada materi bacaan Anda

3. Beristirahatlah secara teratur

Sering-seringlah beristirahat untuk mengurangi kelelahan mata dan ketegangan otot. Lakukan gerakan relaksasi untuk meredakan ketegangan tubuh. Karena dalam beberapa kasus banyak sekali pasien yang terkena mata panda karena gemar membaca hingga lupa waktu.

4. Atur cahaya layar

Jika membaca menggunakan perangkat elektronik, gunakan mode malam atau aplikasi yang mengurangi cahaya biru pada layar, terutama sebelum tidur.

Mengutamakan kesehatan mata dan memastikan kondisi yang nyaman saat membaca dapat membantu mencegah dampak negatif membaca di tempat gelap. Jika Anda merasakan gangguan pada mata anda segeralah mendatangi dokter mata terdekat guna untuk berkonsultasi lebih lanjut

Baca Juga: Kacamata bikin minus bertambah? Kenalan Dengan Kelainan Refraksi Dulu Yuk!

Anjuran Posisi Saat Membaca Yang Baik Untuk Mata

dampak membaca di tempat gelap

Posisi yang baik saat membaca sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah ketegangan otot. Berikut beberapa anjuran posisi yang baik saat membaca:

1. Hindari membaca di tempat gelap

Pastikan ruangan tempat Anda membaca memiliki pencahayaan yang cukup. Hindari membaca di tempat yang terlalu gelap atau terlalu terang.

2. Posisi duduk yang baik

Duduklah dengan punggung lurus dan bahu rileks. Pastikan kursi dan meja Anda sesuai tinggi sehingga mata anda sejajar dengan bagian atas teks yang anda baca. Hindari membungkuk atau bersandar terlalu jauh ke depan.

3. Posisi kertas atau buku

Letakkan buku atau kertas pada permukaan datar sehingga tidak perlu membungkuk terlalu jauh atau mengangkat kepala terlalu tinggi. Gunakan penyangga buku atau penyangga halaman jika perlu.

4. Jangan membaca terlalu dekat

Posisikan buku atau materi bacaan pada jarak yang nyaman dari mata Anda kurang lebih 25-30 cm antara mata dengan buku. Hindari membaca terlalu dekat atau terlalu jauh dari mata.

5. Istirahat mata

Berikan istirahat bagi mata Anda setiap 20 menit sekali dengan melihat ke jauh selama sekitar 20 detik. Ini membantu meredakan ketegangan mata yang mungkin timbul.

6. Ukuran teks jangan terlalu kecil

Ukuran tulisan yang terlalu kecil akan berdampak pada kesehatan mata Anda.

7. Hindari membaca dalam posisi terlentang atau tiduran

Membaca dalam posisi tiduran atau terlentang dapat menyebabkan ketegangan pada leher dan punggung, serta dapat meningkatkan risiko kelelahan mata.

Dengan menjaga posisi membaca yang baik, Anda dapat mengurangi risiko ketegangan mata, leher, dan punggung, serta membuat pengalaman membaca lebih nyaman dan efisien.

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Mata Panda Pada Anak 

Itulah penjelasan mengenai dampak membaca di tempat gelap, walau belum ada penelitian yang mengatakan membaca di  tempat gelap  dapat menimbulkan kerusakan mata untuk jangka panjang. Namun, di wilayah lain di dunia miopia ditemukan lebih banyak pada anak-anak sekolah hingga 80-90 persen. Maka dari itu apabila anak Anda terkena mata minus (miopi), Anda dapat langsung ke National Eye Center. Anda dapat berkonsultasi terkait permasalahan tersebut, selanjutnya anak bisa melakukan terapi mata minus anak (Ortho k) untuk metode penyembuhannya.

Di National Eye Center, Anda pun akan mendapatkan banyak pengetahuan terkait permasalahan mata lainnya mulai dari penyembuhan katarak yaitu operasi katarak lensa premium dll. Segeralah datang ke National Eye Center, Kami tunggu!

Bebas kacamata selamanya dalam hitungan detik

Sumber:

Kesalahan membaca yang bikin mata sakit

Silahkan Saksikan Video Lain Tentang Kesehatan Mata: