Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Jumat | 09:00 - 20:00 WIB - Sabtu | 09:00 - 16:00 WIB

Atur jadwal kedatangan terlebih dahulu

Refractive Lens Exchange (RLE) : Alternatif Lasik Bila Tak Lolos Pre Lasik

Mata yang mengalami gangguan penglihatan kelainan Refraksi atau pengguna kacamata minus, silinder akan membuat kita menjadi kurang produktif dalam beraktivitas. Salah satu pengobatan yang biasa dilakukan adalah lasik. Adapaun alternatif lasik lainnya seperti: Refractive Lens Exchange (RLE). 

Lasik sendiri merupakan metode pengobatan pada mata kelainan refraksi maupun penyakit mata seperti katarak dan sebagainya, namun bagaimana dengan mata yang tidak memungkinkan untuk dilakukan lasik? Adapun alternatif lain yang disebut dengan Refractive Lens Exchange (RLE), kali ini NEC akan membahas seputar alternative lasik Refractibe Lens Exchange(RLE).

Baca juga : Tak Hanya LASIK, Ini 5 Metode untuk Bebas Kacamata

Mengenal Refractive Lens Exchange 

 refractive lens exchange (RLE)

Refractive Lens Exchange adalah metode pengobatan mata dengan kondisi tidak bisa melihat dekat, jauh, atau kelainan refraksia, seperti miopi, silinder dan sebagainya. Pengobatan ini mengubah lensa mata asli dengan lensa mata buatan. 

Prosedur Refractive Lens Exchange (RLE) Prosedur yang dilakukan ini seperti melakukan operasi katarak. RLE dilakukan pada penderita yang tidak memenuhi persyaratan melakukan pengobatan laser atau lasik dan biasanya pada penderita yang berumur 30 tahun ke atas atau memiliki masalah penglihatan yang cukup kompleks dan kelainan pada kornea, sehingga pasien tidak lolos dalam Pre Lasik. 

Baca Juga : 5 Layanan NEC Surabaya Fasilitasi Berbagai Keluhan Mata

Manfaat Refactive Lens Exchange

Metode ini digunakan untuk menangani kelainan refraksi yang tidak memenuhi standard metode lasik, adapun manfaat dari Revractive Lens Exchange yang perlu kamu ketahui antara lain : 

  • Koreksi Kelainan Refraktif

Dengan mengganti lensa alami yang telah rusak dengan lensa buatan, RLE akan memberikan koreksi yang permanen terhadap mata kita. RLE dapat mengoreksi miopia, hipermetropua, astigamatisme.

  • Bebas Kacamata

Saat kita sudah melakukan RLE, kualitas mata kita menjadi baik dan kita dapat melihat dengan lebih jelas dan tajam jadi kita tidak perlu lagi menggunakan kacamata untuk melakukan kegiatan sehari hari.

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Mata Panda Pada Anak Serta Cara Mengatasinya

  • Pengobatan Presbiopia 

RLE juga memberikan solusi bagi lensa yang telah kehilangan elastisitasnya dan meyebabkan sulit melihat benda jarak dekat. 

  • Keuntungan Jangka Panjang

RLE merupakan prosedur permanen yang memberikan hasil yang tahan lama dan pasien tidak perlu mengganti lensa sehingga mata tidak akan menjadi rusak dan lecet akibat gonta ganti lensa.  Penderita juga tidak perlu lagi menggunakan alat bantu seperti lensa buatan dan sebagainya.

  • Proses Cepat

Proses melakukan RLE juga tidak lama, pasien juga tidak akan merasa takut karena proses yang dilakukan berbeda dengan lasik. RLE ini lebih memberikan kenyamanan dibanding dengan lasik dengan teknik maupun alat yang berbeda.

RLE ini sama halnya dengan menggunakan lensa yang premium seperti pada prosedur katarak lensa premium, dengan begitu hasilnya juga akan bagus. Meskipun RLE menawarkan manfaat yang signifikan tetapi tetap ada risiko dan komplikasi yang terjadi seperti infeksi, pendarahan, atau edema pada mata, agar tidak terjadi seperti itu ada baiknya membahas dengan konsultasi dokter mata.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Mata Panda Pada Anak Serta Cara Mengatasinya

Pentingnya Melakukan Konsultasi

 refractive lens exchange (RLE)

Bagi kalian yang ingin melakukan pemeriksaan mata atau mendapat pengobatan mata yang sesuai ada baiknya untuk selalu melakukan konsultasi kesehatan mata di dokter mata, karena ahli kesehatan mata yang lebih tahu perawatan yang sesuai dan disesuaikan dengan kondisi yang ada seperti terapi minus anak yang akan disesuaikan dengan anak pula. 

RLE memang baik dan hasilnya akan berguna baik untuk kemampun melihat kita, tetapi metode ini harus dilakukan sesuai dengan persetujuan dokter mata. Mari lakukan konsultasi kesehatan mata untuk mengerti penanganan yang sesuai dan rasakan hasilnya saat melakukan RLE, mata akan menjadi baik dan melihat tanpa adanya gangguan. 

Sumber:
dr. Ruchyta Ranti, SpM

Saksikan Pula Beberapa Video Edukasi Kesehatan Lainnya :