Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Jumat | 09:00 - 20:00 WIB - Sabtu | 09:00 - 16:00 WIB

Atur jadwal kedatangan terlebih dahulu

Ciri Mata Katarak dan Cara Pencegahannya

Seseorang yang menderita Katarak akan terganggu penglihatan dan aktivitas kesehariannya. Untuk mencegahnya kita perlu mengetahui ciri mata Katarak, sehingga jika mengalaminya bisa segera konsultasi dengan dokter mata. Jangan menunda-nunda karena seiring waktu Katarak dapat berkembang semakin parah.

Ciri Mata Katarak 

Penting bagi kita untuk mengetahui ciri mata Katarak sehingga nantinya dapat mengantisipasi penyakit ini. Berikut ciri mata katarak yang sering terjadi 

1. Pandangan Menjadi Buram

Ciri yang pertama yaitu pandangan akan menjadi buram. Sekilas hampir sama dengan gejala miopi / mata minus. Kondisi ini disebabkan karena penggumpalan protein pada lensa mata sehingga membuat penderita tidak nyaman dan mengganggu aktivitas harian. Kondisi ini akan sangat berbahaya bagi penderitanya, apalagi jika sedang mengendarai kendaraan dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain sehingga jika anda mengalami gejala ini lebih baik segera diperiksakan pada dokter mata.  

2. Mata akan Memiliki Bayangan Saat Melihat Objek

Ciri yang kedua yaitu mata akan memiliki bayangan saat melihat suatu objek. Biasanya penderita Katarak jika melihat suatu objek maka akan menjadi ganda. Dengan adanya gangguan tersebut maka penglihatan seseorang akan tidak stabil sehingga sangat berbahaya. Contohnya saja jika melihat satu objek menjadi dua maka aktivitas akan terganggu apalagi jika di luar ruangan. Jika terus membiarkannya maka keadaan mata akan semakin parah dan bahaya.

3. Penderita Katarak Akan Kesulitan Saat Sedang Membedakan Warna

Ciri selanjutnya ini berkaitan dengan warna. Katarak yang sudah parah menyebabkan lensa mata berubah menjadi kuning kecoklatan. Sehingga saat melihat objek penderita akan susah membedakan warna. Apalagi dengan warna yang hampir sama seperti merah dan oranye. Jika sudah mengalami hal tersebut maka segera periksa ke dokter mata terdekat. Dengan demikian penderita bisa mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya. Daripada nantinya jika sudah lebih parah akan susah dalam melakukan pengobatan.

4. Penglihatan Tidak Jelas Pada Cahaya Minim dan Malam Hari

Selanjutnya untuk ciri mata Katarak ini adalah menurunnya daya penglihatan pada tempat dengan cahaya minim atau saat malam hari. Kondisi ini sangat bahaya, terlebih jika sedang mengendarai sebuah kendaraan. Penderita katarak pada siang hari saja tidak bisa melihat dengan jelas apalagi jika malam maka akan semakin kabur. Dengan demikian hal tersebut akan mengganggu aktivitasnya. Gejala ini akan diiringi dengan keluhan pusing dan sakit kepala berlebih.

5. Adanya Gumpalan Protein Berwarna Putih Menutupi Area Mata

Adanya gumpalan protein pada lensa hanya terlihat jika menggunakan alat bantu yang tersedia pada klinik atau dokter mata saja. Protein akan menggumpal dan menutupi mata sehingga jika semakin tebal maka penderita akan mengalami kebutaan.

Baca Juga : 

Lasik

Operasi Katarak Refraktif : Sembuhkan Katarak Sekaligus kelainan Refraksi (Mata Minus, Silinder)

Penanganan Untuk Mengatasi Mata Katarak 

Dengan mengetahui ciri mata Katarak maka anda bisa mengatasinya sedini mungkin, agar penyakit ini tidak semakin parah dan bahaya sehingga penyembuhan bisa lebih cepat. Berikut beberapa cara mengatasi Katarak efektif:

1. Konsultasi pada Dokter dan Mengambil Tindakan Operasi Katarak

Langkah pertama yang dapat dilakukan jika mengalami gejala Katarak adalah anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata. Pemeriksaan sedini mungkin dapat mengatasi masalah dengan cepat, terlebih bila kondisinya masih ringan. Satu-satunya pengobatan Katarak adalah melalui operasi Katarak yaitu dengan mengganti lensa mata yang telah keruh dengan lensa mata buatan. Jika anda ingin terbebas dari Katarak sekaligus Kelainan Refraksi maka anda dapat menggunakan operasi katarak lensa premium 

2. Memiliki Gaya Hidup Sehat 

Kesehatan mata sangat penting untuk diperhatikan. Konsumsi asupan nutrisi yang cukup bagi mata sangatlah penting agar terhindar dari segala penyakit, termasuk Katarak. Selain itu menerapkan pola hidup yang sehat seperti mengurangi konsumsi rokok dan alkohol juga dapat mencegah terjadinya Katarak  

Ciri mata Katarak ini dapat menjadi pedoman bagi semua orang sehingga dapat lebih hati-hati  dalam menjaga kesehatan mata. Jika sudah merasakan suatu gejala lebih baik langsung periksa ke dokter mata terdekat. Mencegah lebih baik daripada harus mengobati. 

Baca Juga :

Terapi Mata Minus Anak

Mata Panda

Untuk menambah pengetahuan terkait kesehatan mata, tonton video berikut ini :