Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Alami Mata Kering Setelah Lasik, Wajar Atau Berbahaya?

Ditinjau oleh

dr. Bobby Krisna Putra, SpM

Terakhir diperbaharui pada

17 Januari 2024

Bagikan

mata kering setelah lasik
mata kering setelah lasik

Mata kering setelah lasik mungkin menjadi hal yang dikhawatirkan oleh para pasien lasik. Namun bagaimana jika kita merasakan mata kering setelah operasi lasik untuk menyembuhkan miopi? Bukankah akan menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi kita yang belum mengerti? Nah, Minel akan bahas tuntas mengenai mata kering setelah lasik melalui artikel ini. Mengingat mata kering biasanya banyak terjadi pada kita baik itu yang masih remaja bahkan lansia. namun pada dasarnya mata kering setelah lasik merupakan hal yang dapat di obati loh yuk simak pembahasannya

Tindakan Lasik

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai mata kering setelah lasik, kita akan membahas terlebih dahulu apa itu tindakan Lasik. Lasik sendiri merupakan singkatan dari “Laser-Assisted In Situ Keratomileusis,” yaitu sebuah prosedur bedah refraktif yang digunakan untuk mengoreksi berbagai masalah refraksi mata, seperti miopi dan astigmatisme. 

Prosedur lasik sendiri bertujuan untuk merubah bentuk kornea, lapisan jernih di depan mata, sehingga cahaya yang masuk ke mata dapat fokus dengan benar pada retina. Dengan demikian, memungkinkan pasien memiliki penglihatan yang lebih baik tanpa perlu kacamata atau lensa kontak. Dengan kata lain membuat pasien sembuh dari kelainan refraksi mata. 

Umumnya, tindakan lasik dianggap sebagai prosedur yang aman dan efektif untuk mengoreksi masalah refraksi mata. Namun perlu diingat, bahwa lasik tidak cocok untuk semua orang. Sehingga perlu pendapat dokter dalam menentukan metode operasi lasik, maka dari itu Minel sarankan Anda mendatangi dokter mata di klinik atau rumah sakit terdekat, agar dokter dapat memeriksa dan memastikan apakah Anda aman untuk melakukan lasik.

Baca Juga: Terapi Mata Kering Untuk Penglihatan Optimal

Mata Kering Setelah Lasik

mata kering setelah lasik

Seperti apa yang telah dijelaskan oleh Dr. Diaz Alamsyah Sudiro Sp.M, setelah menjalani prosedur lasik, beberapa orang dapat mungkin mengalami mata kering sebagai efek samping sementara. Namun sebenarnya hal tersebut merupakan efek samping dari operasi lasik itu sendiri sehingga dapat di obati dan tidak berbahaya.

Biasanya, orang yang mengalami mata kering setelah lasik menggunakan metode operasi PRK atau Femtolasik. Metode ini irisannya lebih besar dan melibatkan penghilangan jaringan kornea. Hasilnya, produksi dan distribusi air mata pada mata menjadi terganggu. Namun, apabila pasien menggunakan metode ReLeX smile ,yaitu metode terbaru yang mana irisannya hanya 3-4 mili, maka keluhan mata kering dapat dihindari. Atau dengan kata lain menggunakan metode ReLeX smile akan terhindar dari efek samping mata kering.

Meskipun ini adalah efek samping yang umum setelah Lasik, kondisi penglihatan sebagian besar orang menjadi lebih baik dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah operasi. Seandainya Anda merasakan mata kering setelah lasik, tentu saja bisa diobati menggunakan obat tetes mata. dan tidak lupa untuk terus cek kesehatan mata selama pemulihan pada dokter mata anda agar terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan.

Baca juga: Haruskah Puasa Sebelum Operasi Mata?

Itulah penjelasan mengenai mata kering setelah lasik yang perlu anda ketahui dimana mata kering setelah lasik sendiri merupakan efek samping yang kerap terjadi setelah melakukan lasik namun dapat di sembuhkan dengan obat tetes mata. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai mata kering setelah lasik atau mengenai kesehatan mata lainnya disarankan untuk segera hubungi dokter mata untuk mendapatkan saran yang lebih lanjut. 

Bila Anda memiliki pertanyaan terkait prosedur medis mata kering setelah lasik maupun kesehatan mata lainnya, Anda bisa langsung datang ke National Eye Center. Di National Eye Center tempat lasik kredibel di surabaya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan banyak sekali informasi terkait kesehatan mata mulai dari katarak dan penyembuhannya yaitu katarak lensa premium.

Di National Eye Center Anda juga bisa melakukan berbagai konsultasi kesehatan mata dengan dokter mulai dari mata panda atau kesehatan mata lainnya. Tidak hanya kesehatan mata bagi orang dewasa namun anda juga bisa melakukan konsultasi kesehatan mata anak seperti terapi mata minus anak. Yuk buruan datang sekarang juga!

Sumber:
Dr. Bobby Krisna Putra Sp.M adalah

Silakan Saksikan Video Lain Tentang Kesehatan Mata: