Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Mencegah Penularan Trakoma di Asrama 

Ditinjau oleh

dr. Denisa Rosati, SpM

Terakhir diperbaharui pada

22 Desember 2023

Bagikan

trakoma mata di asrama
trakoma pada mata

Ma.. bisa jemput adek dari asrama kah? Mata adek sakit, teman2 yang lain juga… NEC people ada yang punya keluarga yang sedang menempuh pendidikan dalam asrama kah? Pernah dapat kabar kayak di atas kah? Bisa jadi itu adalah Trakoma di Asrama. Kena satu, kena semua. Agar hati tenang ketika menitipkan saudara atau keluarga untuk menempuh pendidikan di asrama, yuk kita pelajari lebih dalam tentang Trakoma di asrama, disini minel akan menjelaskan terkait pengertian gejala serta cara pencegahannya

Pengertian Trakoma

Trakoma adalah suatu penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Chlamydia trachomatis. Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan pada kelopak mata dan kornea, dan jika tidak diobati dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius dan bahkan kebutaan. Trakoma di asrama biasanya menyebar melalui kontak langsung dengan mata atau hidung cairan tubuh dari individu yang terinfeksi. Trakoma adalah infeksi mata akibat bakteri Chlamydia trachomatis. Berdasarkan data Juni 2022, terdapat 125 juta orang tinggal di daerah endemis trakoma dan berisiko mengalami kebutaan trakoma. Ngeri juga yaa…

Trakoma biasanya diawali dengan iritasi dan gatal ringan pada mata dan kelopak mata. Jika tidak diobati, trakoma dapat berkembang lebih serius dan menyebabkan kebutaan. Perlu diingat bahwa kebutaan akibat trakoma bersifat permanen. Tidak seperti kebutaan pada katarak.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Katarak, Mana yang Terbukti Berhasil?

Gejala Trakoma

Trakoma di asrama

Gejala trakoma, umumnya dialami langsung oleh kedua mata kita, di antaranya:

  • Nyeri pada Mata
  • Keluarnya cairan dari mata yang mengandung nanah dan lendir
  • Pembengkakan pada kelopak mata 
  • Lebih sensitif terhadap cahaya
  • Gangguan penglihatan, namun bukan miopi atau gangguan refraksi yang bisa sembuh hanya dengan lasik

Bila NEC people merasakan gejala di atas, atau mungkin kerabat kita yang ada di asrama merasakan hal tersebut. Segera periksakan ke dokter spesialis Mata dan mulai menjaga kebersihan khususnya tangan dan wajah.

Lho yang sakit kan mata, kenapa kebersihan tangan perlu diperhatikan juga?

Jadi, seseorang dapat terserang trakoma bila menyentuh mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah kontak dengan cairan mata atau cairan hidung penderita trakoma. Benda yang digunakan oleh penderita, seperti pakaian, handuk, dan sapu tangan, juga dapat menjadi media penyebaran trakoma. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebar melalui lalat yang telah kontak dengan mata atau hidung penderita. Semudah itu lho trakoma mata menular dari satu individu ke individu lain. Dari sini mulai terbuka yaa.. alasan kenapa trakoma di asrama lebih mudah menular. Lebih detailnya kita pelajari juga yuk faktor yang meningkatkan resiko penularan trakoma!

Baca juga: penularan infeksi Gonore pada mata

Alasan Trakoma di asrama Lebih Sering terjadi

Asrama seperti di pesantren atau pondok, adalah tempat yang begitu padat. Saking padatnya, pihak pengelola kadang kewalahan mengontrol kebersihan lingkungan dan kesehatan pada masing-masing penghuni asrama atau pondok. Apalagi di asrama tersebut terdapat anak anak usia dibawah 6 tahun Berikut faktor yang mempercepat penularan trakoma di asrama

  • Tempat tinggal yang terlalu padat bahkan berhimpit. Hal ini menyebabkan seseorang mudah tertular trakoma, karena kontak antar penghuni asrama rentan terjadi.
  • Kebersihan yang buruk, berdampak pada rendahnya tingkat kesehatan individu atau masyarakat di sana. Seperti tangan dan wajah yang tidak bersih, memperbesar peluang tertularnya trakoma
  • Sanitasi yang buruk.seperti buruknya penyediaan air bersih, baik untuk minum maupun untuk pembuangan kotoran manusia, dapat meningkatkan risiko penularan trakoma.
  • Populasi lalat yang tidak terkendali pada suatu daerah akan membuat area tersebut rawan terhadap berbagai infeksi, termasuk trakoma.

Dari 4 faktor utama penyebab penularan trakoma di asrama, perlunya kesadaran masing-masing individu tentang kebersihan dan kesehatan untuk menghindari terjadinya trakoma di asrama.

Tips Menghindari Trakoma

Trakoma di asrama

Trakoma akan sulit dihindari bila hanya satu atau dua orang saja yang melakukan tips dari kami. Karena penyebaran trakoma begitu mudah. Selain itu penyebab utamanya sangat berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan dan kesadaran tentang kesehatan.

Berikut tips dari kami buat NEC people dan orang-orang tersayang:

  • Menjaga kebersihan tangan dan wajah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
  • Membasmi lalat yang dapat menjadi media penularan trakoma
  • Mengelola limbah kotoran hewan dan manusia dengan tepat
  • Meningkatkan akses air bersih
  • Menghindari berbagi pakai perlengkapan pribadi

Saling mengingatkan ya gengs, demi kesehatan mata kita bersama. Kita ingatin lagi nih, bahwa kebutaan mata akibat trakoma itu bersifat permanen. Jadi gak perlu ragu dan sungkan untuk saling mengingatkan hal ini ketika di asrama.

Bila salah seorang teman asrama sudah tampak tanda dan gejala trakoma di atas, segera periksakan ke National Eye Center selain tempat lasik kredibel yang ada di surabaya untuk penangan awal yang lebih baik dari dokter mata kami disana Anda juga dapat berkonsultasi mengenai kesehatan mata lainnya mulai dari terapi mata minus anak dll. Yuk buruan datang segera! 

Sumber:
dr. Denisa, SpM

Tonton juga video edukasi: