Operasional: Senin – Jumat | 09:00 – 20:00 WIB – Sabtu | 09:00 – 16:00 WIB

Haruskah Puasa Sebelum Operasi Mata?

Ditinjau oleh

dr. Denisa Rosati, SpM

Terakhir diperbaharui pada

11 Juni 2024

Bagikan

Contoh foto puasa sebelum operasi mata

Banyak orang yang bertanya-tanya haruskah melakukan puasa sebelum operasi mata? Hal ini dikarenakan, biasanya sebelum operasi yang lain diharuskan oleh dokter  untuk berpuasa sebelum melakukan operasi.

Maka dari itu, mari kita cari tahu apakah tujuan puasa sebelum operasi? Dan haruskah puasa sebelum operasi mata?

Operasi Mata

Puasa Sebelum Operasi mata

Operasi mata adalah metode penanganan penyakit mata yang serius, di mana penyakit-penyakit ini berupa kelainan refraksi, katarak, dan sebagainya, namun setiap tindakan bedah pada mata memiliki perbedaan dalam fungsinya dan jenisnya tergantung pada penyakit yang dialami, tindakan bedah mata hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis mata. 

Ada beberapa jenis operasi mata yang bisa kalian ketahui:

1. Operasi Lasik Mata

Operasi Lasik Mata adalah sebuah tindakan operasi yang bertujuan untuk memperbaiki fungsi kornea mata, yaitu memfokuskan (refraksi) cahaya yang memasuki mata agar mata dapat melihat dengan normal dan biasanya digunakan untuk menangani penyakit miopi (mata minus), rabun dekat, astigmatisme (silinder).

Operasi ini menjadi solusi bagi penderita penyakit mata yang ingin terbebas dari kaca mata dan lensa kontak. Ada 3 jenis operasi lasik yaitu PRK (Generasi Pertama Laser Vision Correction), ZEISS SMILE, dan Femto Lasik (Laser Assisted In-Situ Keratomielusis).

2. Operasi Katarak

Katarak merupakan salah satu gangguan penglihatan mata yang diakibatkan kekeruhan pada lensa mata. Lensa mata yang keruh seperti berawan dapat menyebabkan penglihatan mata menurun tajam dan sensitivitas kontras sehingga memerluka operasi katarak. Jenis Operasi Katarak ada 3 yaitu:

  • Ekstraksi Katarak Intrakapsuler (EKIK)
  • Ekstraksi Katarak Ekstrakapsuler (EKEK)
  • Phacoemulsification.

3. Operasi Pterygium

Pterygium atau Surfer’s eye adalah kondisi mata yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan pada bagian putih bola mata yang dapat menyebar hingga ke kornea. Kondisi ini dapat terjadi pada satu mata atau kedua mata secara bersamaan.

Pterygium atau pterigium bisa dimulai dengan adanya pinguecula yang merupakan bercak kuning di bagian putih mata. Pinguecula muncul karena penumpukan protein, lemak, atau kalsium di mata.

Operasi Pterygium bertujuan untuk mengeksisi jaringan yang menempel pada permukaan dari kornea mata. Dalam proses penyembuhan operasi ini cukup lama dikarenaakn adanya iritasi.

4. Operasi Retina

Retina adalah komponen mata yang sensitif terhadap cahaya, jika retina mengalami gangguan yang serius, maka operasi retina adalah solusinya. Gangguan retina ini umumnya dikenal sebagai ablasio retina, dan membutuhkan operasi vitrektomi yang merupakan prosedur modern. Operasi ini bertujuan untuk mengganti cairan gel dalam mata yang disebut vitreous agar cahaya dapat masuk ke dalam mata.

5. Operasi Glaukoma

Glaukoma adalah kondisi mata yang disebabkan oleh tekanan tinggi di dalam bola mata. Penyakit ini dapat diobati melalui prosedur bedah yang disebut trabekulektomi, yang bertujuan untuk menciptakan saluran kecil di bagian putih mata atau sklera, sehingga cairan di dalam bola mata dapat mengalir keluar dengan lebih mudah. Tindakan ini biasanya dilakukan di tepi bola mata dan umumnya tidak berdampak signifikan pada penglihatan pusat.

Baca Juga: Apa Saja Pantangan Penderita Glaukoma? dan 4 Anjurannya

Puasa Sebelum Operasi Mata

Sejatinya banyak orang yang bertanya-tanya tentang keharusan puasa sebelum operasi mata. Dikarenakan banyak dokter yang menganjurkan puasa sebelum operasi atau tindakan anestesi. Puasa sebelum operasi memang  dianjurkan dokter untuk operasi besar yang mengharuskan pasien berada dibawah pengaruh anestesi umum. 

Tipe anestesi ini bisa menyebabkan pasien kehilangan kesadaran, sehingga tak bisa merasakan atau menyadari apa pun yang terjadi selama prosedur dilakukan. Umumnya, sebelum mendapatkan anestesi ini, seseorang dilarang makan atau minum apa pun. 

Namun haruskah puasa sebelum operasi mata? Tidak, karena pada operasi mata tidak memerlukan bius, baik anestesi umum maupun suntik tulang belakang. Namun pada operasi mata umumnya menggunakan bius topikal atau lokal. Nanti akan dijelaskan lebih lanjut oleh dokter mata sebelum operasi mata.

Baca Juga: Dimas: Lasik Aman & Gak Sakit Sama Sekali

Yuk Periksakan Mata dan Jangan Takut untuk Operasi Mata

Periksa mata harus dilakukan secara rutin agar mengetahui kondisi mata anda. Pemeriksaan mata rutin bukan hanya membantu dokter mata mendeteksi kelainan mata, tetapi juga mencegahnya.

Selain katarak, terdapat banyak kelainan mata lain yang dapat diidentifikasi dan diatasi dengan cepat melalui pemeriksaan mata berkala.

Yuk rutin periksa mata sebelum masalah penglihatan datang menganggu aktivitas Anda sehari-hari. Cek kesehatan mata di National Eye Center sekarang!

Sumber: 
dr. Denisa Rosati, SpM

Bebas kacamata selamanya dalam hitungan detik

https://youtu.be/K4y85MOf_lI