Operasional: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Operasional: Senin - Jumat | 09:00 - 20:00 WIB - Sabtu | 09:00 - 16:00 WIB

Atur jadwal kedatangan terlebih dahulu

Ketahui Tingkatan Mata Minus, Anda Masuk Kategori Mana?

Tingkatan mata minus mungkin menjadi pertanyaan bagi setiap orang yang memiliki permasalahan dengan mata minus. Kira-kira kamu masuk kategori yang mana ya? Nah, Sebelum kita membahas lebih jauh terkait tingkatan mata minus, kita cek dulu yuk info-info terkait Mata Minus ini sendiri. 

Mata Minus

Mata Minus biasanya juga dikenal dalam masyarakat umum dengan istilah Miopi, dimana penyakit mata ini dapat mengganggu orang yang terkena penyakit ini. Tidak seperti Mata Panda yang dapat terlihat jelas bentuknya atau Katarak yang penyakitnya dapat terlihat dengan mata orang awam. Penyakit ini apabila dilihat secara langsung tidak akan tampak jelas. 

Mata Minus sendiri adalah suatu kondisi mata dimana seseorang dapat memiliki kemampuan melihat objek dekat dengan jelas, namun akan sulit melihat objek dengan jarak lebih jauh. Hal ini terjadi karena seseorang yang memiliki Mata Minus maka memiliki panjang sumbu Anteroposterior yang lebih panjang dari biasanya, atau karena kemampuan dari Lensa Mata orang tersebut untuk memfokuskan cahaya pada retina tidak optimal.

Kondisi mata minus biasanya dapat disebabkan oleh banyak hal salah satunya faktor genetik, namun faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi Mata Minus seperti penggunaan berlebihan pada jarak dekat dalam membaca atau menggunakan perangkat elektronik juga dapat menjadi salah satu alasan seseorang menderita penyakit miopi atau mata minus. 

Penyakit ini tidak memAndang umur sehingga baik itu anak kecil hingga dewasa bisa saja terkena miopi, biasanya dimulai pada masa anak-anak atau remaja yang sangat gemar memakai gadget atau lain sebagainya dan dapat terus memburuk seiring bertambahnya usia seseorang tersebut karena terdapat tingkatan mata minus.

Baca juga: Perbedaan Relex Smile, Femto Lasik dan Lasek (PRK)

Tingkatan Mata Minus

Seperti yang telah disinggung di awal mata minus memiliki beberapa tingkatan Mata Minus yang harus kamu ketahui. Dimana yang telah dijelaskan oleh Refraksionis Optisien dari National Eye Center Miopi atau rabun jauh biasanya diklasifikasikan menjadi tiga macam tingkatan Mata Minus sesuai dengan besaran ukuran yang diperlukan. 

  1. Miopia Rendah menurut bapak Raditya Adisurya selaku Optometrist NLC adalah tingkatan Mata Minus yang kurang dari minus tiga atau biasanya disebut dengan Miopi Rendah.
  2. Miopia Sedang  menurut bapak Raditya Adisurya selaku Optometrist NLC  adalah adalah tingkatan Mata Minus yang kisaran minus tiga sampai enam biasanya disebut dengan Miopia sedang.
  3. Miopia Tinggi  menurut bapak Raditya Adisurya selaku Optometrist NLC Mata Minus yang lebih dari minus enam biasanya disebut dengan Miopia Tinggi atau High Myopia. Nah itulah tingkatan Mata Minus itu sendiri. Lalu bagaimana bagi seorang yang sudah terkena Miopi?

Alat Bantu Mata Minus

Pada kebanyakan kasus yang terjadi di indonesia, Mata Minus memiliki alat bantu dimana dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatan. Bagi seseorang yang terkena Miopi , alat bantu penglihatan ini membantu dengan lensa yang memfokuskan cahaya secara tepat pada retina. Akan tetapi penggunaan softlens sangat tidak dianjurkan karena banyak sekali resikonya bagi para pengguna softlens atau lensa kontak yang memiliki permasalahan dengan Mata Minus akan memiliki beberapa risiko potensial, seperti keratitis karena terjadinya infeksi atau terjadi Iritasi dan Kerusakan Kornea serta softlens sendiri Keterbatasan Penggunaan karena tidak semua orang cocok dalam menggunakan lensa kontak atau softlens. 

Beberapa kondisi mata tertentu atau masalah kesehatan lainnya mungkin membuat penggunaan lensa kontak tidak dianjurkan. Maka sangat penting untuk selalu mengikuti instruksi dokter mata Anda.

Baca Juga: 3 Alat Bantu Penglihatan Untuk Mata Minus

Cara Terbebas Kacamata?

tingkatan mata minus

Jika Anda memiliki mata minus dan ingin terbebas dengan kacamata yang menurut Anda mengganggu penampilan, maka Anda bisa melakukan Lasik. Pemilihan Lasik ini sendiri, sebaiknya pertimbangkan melalui konsultasi dokter mata terlebih dahulu di klinik mata terdekat. Dimana nantinya Dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata lengkap dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi mata Anda. karena untuk kasus tingkatan mata minus yang lebih parah, pilihan lain seperti Operasi Lasik sehingga dapat membantu dalam membebaskan Anda dari kacamata. Karena mata minus hampir sama manfaatnya dengan operasi katarak lensa premium yang diberikan kepada penderita Katarak sekaligus mata minus. Bedanya penderita miopi. tindakan yang diberikan adalah Operasi Lasik sebagai pengobatan Mata Minusnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai tingkatan Mata Minus, segera hubungi dokter mata untuk mendapatkan nasihat yang lebih lanjut. Itulah tingkatan Mata Minus yang perlu diketahui. Bila masih ada yang ingin kamu tanyakan mengenai prosedur medis ini, kamu bisa langsung datang ke National Eye Center , di sana kamu akan mendapatkan info yang lebih detail mengenai operasi lasik agar dapat tampil cantik dan banyak informasi informasi penting seputar mata hingga terapi mata minus anak yuk buruan datang sekarang juga !

Sumber:
Raditya Adisurya, A.Md.,RO

Silakan Saksikan Video Lain Tentang Kesehatan Mata: